Mengapa Dalam Kehidupan Bermasyarakat Harus Ada Hukum

Dalam kehidupan sehari-hari, kita pastinya harus menjalankan aktivitas sesuai dengan hukum yang ada.

Hukum sudah menjadi panutan dan pedoman dalam kehidupan manusia sejak zaman dahulu kala. Mengapakah kita sebagai manusia membutuhkan hukum?

Alasan Pentingnya Hukum dalam Kehidupan Bermasyarakat

1. Agar Kehidupan Berjalan Tertib

Alasan yang pertama yakni agar kehidupan manusia bisa berjalan dengan tertib. Kita pastinya membutuhkan acuan yang mampu membimbing kita untuk menjalankan segala aktivitas sehari-hari sehingga bisa mencapai tujuan tanpa mengganggu orang lain.

2. Mengurangi Risiko Kriminalitas

Tanpa adanya hukum, risiko kriminalitas pastinya akan semakin tinggi sebab banyak orang yang tidak takut berbuat jahat. Mereka pasti menganggap bahwa menjalankan kejahatan tidak akan membuat mereka merasakan balasan, sehingga hukum harus ada untuk mencegah hal tersebut.

3. Membuat Masyarakat Bahagia

Fungsi hukum yang lainnya yaitu untuk membuat masyarakat merasa bahagia. Hukum yang adil dan tidak memandang suku ataupun tingkat sosial pasti akan membuat seluruh elemen di dalam masyarakat merasa termotivasi untuk selalu melakukan hal yang bisa membuat mereka bahagia.

4. Mencegah Kehancuran Masyarakat

Sejak zaman purba hingga sekarang, manusia adalah makhluk yang perlu ketegasan agar tidak bertindak semena-mena. Hukum menjadi pengikat antara kita semua, sehingga masyarakat dapat berfungsi dengan normal dan tidak perlu terancam oleh bahaya kejahatan atau kehancuran yang mengancam kita sewaktu-waktu.

5. Melindungi Sesama

Setiap manusia pada dasarnya pasti memerlukan perlindungan dari manusia yang lain, sebab kita perlu bekerja sama untuk meraih tujuan bersama. Hal tersebut hanya bisa dicapai jika kita sebagai manusia mampu menegakkan hukum dengan baik. Kepentingan bersama bisa terealisasikan jika kita mampu mematuhi dan menjalankan hukum tersebut.

6. Mewujudkan Keadilan Sosial

Hal yang membuat hukum harus hadir di elemen masyarakat yaitu agar mampu mewujudkan keadilan sosial. Hukum mampu melindungi dan menjaga kepentingan seluruh umat manusia sehingga keadilan sosial pun bisa segera terwujud. Hal tersebut karena masyarakat memiliki tujuan yang pastinya ingin dicapai, sehingga proses penciptaan hukum menjadi salah satu sarana atau alat agar bisa mewujudkan cita-cita tersebut.

7. Menjaga Hubungan Manusia

Alasan terakhir yaitu hukum berfungsi untuk menjaga hubungan sesama manusia. Hukum mampu mengatur tingkah laku manusia dan mampu mencegah terjadinya gangguan yang diciptakan oleh pihak tertentu yang berpotensi tinggi menimbulkan konflik. Konflik dapat membawa perpecahan yang dampaknya cukup serius, sehingga hal ini harus dihilangkan dengan cepat.

Tidak hanya itu saja, namun hukum pun membuat kita senantiasa berhubungan dengan orang lain secara sehat dan damai. Hukum mampu melindungi kepentingan kita semua sebagai manusia, baik itu kepentingan yang dimiliki oleh pihak individu ataupun kelompok tertentu.

facebook
Twitter
Follow

Tinggalkan komentar