Efek Samping Vitamin K2

Ada berbagai jenis vitamin yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Anda pasti kerap mendengar vitamin A, vitamin D, vitamin C, namun mungkin belum pernah mendengar vitamin K2. Vitamin K2 mengandung nutrisi penting untuk kesehatan tulang.

Nutrisi dari vitamin K2 masih terbilang rendah bagi anak-anak maupun orang dewasa karena mereka jarang mengonsumsinya. Padahal, vitamin K2 sangat penting untuk kesehatan tulang anak-anak dan juga orang dewasa.

Vitamin K2 memang merupakan vitamin yang tegolong baru karena baru ditemukan di tahun 2006. Dr. Tsugawa dan para ilmuwan lainnya menemukan fakta bahwa vitamin ini adalah sebuah bentuk dari vitamin K.

Mengenal Seputar Vitamin K2

  • Kategori : Vitamin herbal
  • Bentuk vitamin : Kapsul
  • Golongan : Obat bebas
  • Baik dikonsumsi oleh : Orang dewasa
  • Kandungan Vitamin K2 : Vitamin K2 populer dengan sebutan menaquinone dan memiliki beberapa jenis. Jenis yang paling dibutuhkan oleh tubuh adalah MK-7 dan MK-4. Jenis MK-7 mempunyai efek yang lebih stabil dan lebih lama di dalam darah.
  • Manfaat Vitamin K2 : Vitamin K2 memiliki beragam manfaat pada orang dewasa seperti dapat membantu menurunkan resiko osteoporosis, mencegah resiko pengeroposan tulang yang mungkin terjadi pada wanita menopause, menjaga kesehatan gigi dan tulang, melawan penyakit kanker, serta mencegah resiko penyakit jantung.

Dosis Dan Aturan Pemakaian Vitamin K2

Hingga saat ini belum terdapat rekomendasi mengenai asupan harian untuk vitamin K2 yang spesifik. Akan tetapi, orang dewasa disarankan untuk mengonsumsi vitamin K sebanyak 90mcg untuk wanita dan 120mcg untuk pria. Bagi Anda yang memiliki resiko tinggi seperti defisiensi vitamin K, maka Anda disarankan untuk memenuhi vitamin K2 untuk asupan harian dengan mengonsumsi suplemen.

Cara Konsumsi Vitamin K2

Suplemen Vitamin K2 jenis MK-7 merupakan bentuk vitamin dengan klaim soya-bean free atau bebas kedelai yang berperan penting untuk membantu menjaga kesehatan tulang. Cara mengonsumsi vitamin K2 yang tepat yakni dengan minum 1 kapsul dibarengi dengan makan setiap harinya. Dengan cara konsumsi yang tepat, maka vitamin K2 dapat meningkatkan metabolisme kalsium.

Peringatan dalam Konsumsi Vitamin K2

Vitamin K2 boleh dikonsumsi oleh orang dewasa dengan ketentuan harus dikonsultasikan ke dokter terlebih dahulu apabila ibu hamil atau menyusui akan mengonsumsinya. Selain itu, harus juga berkonsultasi ke dokter apabila Anda mempunyai kondisi medis maupun sedang mengonsumsi warfarin atau obat lainnya yang merupakan obat anti koagulan.

Efek Samping dari Konsumsi Vitamin K2

Tidak ada efek samping vitamin K2 pada orang dewasa yang sedang tidak dalam kondisi medis tertentu atau sedang hamil maupun menyusui. Bahkan, pada anak-anak pun vitamin K2 tidak terdapat efek samping apapun walaupun dikonsumsi dalam dosis tinggi sekalipun.

Temukan lebih banyak konten terkait dengan Efek Samping atau konten menarik lain di PPPA

facebook
Twitter
Follow

Tinggalkan komentar