Efek Samping Vitamin E

Seperti yang telah diketahui, Vitamin E atau Alfa Tokoferol sangat terkenal dengan manfaatnya, yaitu mampu menjaga bagian reproduksi, membuat kulit tetap sehat, serta membantu perkembangan otak.

Anda dapat menemukan kandungan Vitamin E dari berbagai macam makanan seperti kacang-kacangan, bayam, brokoli, serta minyak zaitun dan kelapa sawit. Dengan mengkonsumsi makanan tersebut secara rutin, sudah mampu mencukupi kebutuhan Vitamin E setiap harinya.

Bagi Anda yang tidak menyukai makanan tersebut namun ingin menerima asupan Vitamin E, kini tersedia dalam bentuk kapsul di pasaran. Satu tablet biasanya mengandung Vitamin E dari 200 hingga 400 IU.

Mengenal Vitamin E

  • Kategori : Obat Bebas atau Dapat Diberikan Sesuai Resep Dokter
  • Golongan : Jenis Vitamin
  • Bentuk dari Obat : Kapsul dan Tablet
  • Manfaat : Dapat meningkatkan daya tahan serta kekebalan tubuh
  • Kalangan yang Boleh Mengkonsumsi : Anak-anak hingga Dewasa
  • Kategori Bagi Ibu Hamil atau Menyusui :
    • Bagi Ibu Hamil, Vitamin E dapat dikonsumsi jika manfaatnya jauh lebih besar dibandingkan resikonya. Sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter kandungan Anda untuk keamanannya.
    • Bagi Ibu Menyusui, sebaiknya mengkonsumsi Vitamin E saat nutrisi bayi tidak terpenuhi setiap harinya. Vitamin E akan terserap ke dalam tubuh bayi akan menambah nutrisi harian melalui ASI yang diberikan.

Editor terkait:

Dosis Pemakaian Vitamin E

Dalam penggunaan Vitamin E, dosis ditentukan sesuai dengan kebutuhan dari setiap orangnya. Namun, untuk dosis umumnya yaitu anak-anak diberi sekitar 2 hingga 20 mg perharinya. Untuk kalangan dewasa wajib konsumsi Vitamin E sekitar 40 sampai 50 mg setiap hari.

Berbeda halnya dengan penderita Cystic Fibrosis yang wajib menerima asupan Vitamin E 50 hingga 200 mg untuk anak. Kemudian 100 sampai 200 mg untuk dewasa.

Sedangkan untuk orang dengan kelainan Abetalipoproteinemia wajib konsumsi 50 hingga 100 mg bagi kalangan anak maupun dewasa. Pada seluruh kalangan ini, hanya diberikan Vitamin E satu kali saja setiap harinya.

Cara Konsumsi Vitamin E

Anda dapat mengkonsumsi Vitamin E sesuai dengan anjuran dokter atau aturan pakai dari kemasan obat. Vitamin dapat dikonsumsi bersama makanan ataupun air mineral ke dalam tubuh.

Editor terkait:

Peringatan Saat Konsumsi Vitamin E

Hindari penggunaan Vitamin E yang dikonsumsi bersama Warfarin, Orlistat, atau Cholestyramin karena nutrisinya tidak akan mampu diserap oleh tubuh, hingga menimbulkan pendarahan. Konsultasikan terlebih dahulu pada dokter jika Anda memiliki riwayat penyakit tertentu.

Efek Samping dari Penggunaan Vitamin E

Jika Anda mengkonsumsi sesuai dengan dosis, maka tidak akan pernah mengalami Efek Samping Vitamin E . Sebagian orang mengalami efek samping dari Vitamin E ini seperti mual, sakit kepala, diare, dan mudah lelah yang tidak membahayakan tubuh.

Temukan lebih banyak konten terkait dengan Efek Samping atau konten menarik lain di PPPA

Tinggalkan komentar