Efek Samping Vitamin B6

Vitamin B6 adalah sebuah zat yang memiliki berbagai manfaat bagi tubuh manusia. Diantaranya adalah dapat mencegah resiko Anemia, membantu kesehatan fungsi jantung, mengurangi rasa sakit pra menstruasi, dan juga mampu membantu seseorang mengatasi perasaan depresi.

Vitamin B6 dapat ditemukan pada berbagai makanan untuk konsumsi sehari-hari. Misalnya pada kacang-kacangan, ikan, daging unggas seperti ayam dan kalkun, bagian hati dari sapi, dan sayur mayur.

Produk Vitamin B6 juga biasa dikemas dalam bentuk kapsul dan cairan. Sebab Vitamin B6 termasuk sebagai vitamin yang mudah larut kedalam air, sehingga akan mudah ditemui produk vitamin instan yang mengandung Vitamin B6.

Apa Itu Vitamin B6?

  • Kandungan Vitamin B6 : Tiap Kapsul mengandung Pyridoxine
  • Golongan : Obat Bebas (dapat dibeli tanpa resep dokter)
  • Kategori : Suplemen Makanan
  • Manfaat Vitamin B6 : Membantu mencegah kekurangan zat B6 pada tubuh dan gejala kekurangan
  • Digunakan Oleh : Segala Usia
  • Kategori Khusus A : Wanita hamil tidak menampakkan gejala risiko, dan tidak menunjukkan perubahan tertentu.
  • Kategori Pasca Melahirkan : Zat ini dapat larut ke dalam tubuh melalui Air Susu Ibu, disarankan untuk melakukan konsultasi bersama dokter pendamping.

Dosis dan Aturan Pakai Vitamin B6

Untuk balita, dosis yang dianjurkan adalah sebesar 0,1 hingga 0,6 miligram per hari. Sedangkan untuk pengguna dengan rentang usia 9 hingga diatas 50 tahun, dosis yang dianjurkan adalah sebesar 1 hingga 1,3 miligram per hari.

Cara Mengonsumsi Vitamin B6 Dengan Benar

Vitamin B6 adalah suplemen yang dapat membantu tubuh dalam mengatasi masalah kekurangan vitamin. Untuk itu diperlukan kebijaksanaan pengguna dalam mengkonsumsi multivitamin.

Pengguna bisa mengkonsumsi Vitamin B6 setelah makan dengan anjuran pemakaian sesuai yang tertera pada kemasan. Pengguna diharapkan agar mengikuti anjuran dokter dalam pemakaian berkelanjutan.

Simpan Vitamin B6 pada tempat yang hangat dan terhindar dari sinar matahari langsung. Tujuannya adalah agar manfaat dari Vitamin B6 dapat tetap terjaga keasliannya.

Kontraindikasi Dan Peringatan Vitamin B6

  • Hindari penggunaan Vitamin B6 ketika berkendara.
  • Jika terlihat perubahan bentuk dan bau dari ASI yang diberikan kepada bayi, segera hentikan pemakaian.
  • Hindari penggunaan secara berlebih, demi menjaga keseimbangan zat dalam tubuh.
  • Hindari pemakaian bersama dengan Pil KB, karena dapat menurunkan kemampuan Vitamin B6.
  • Hindari penggunaan bersama obat Amiodarone, agar pengguna tidak terlalu merasakan efek sensitivitas kala melihat sinar mentari.

Efek Samping dan Bahaya Vitamin B6

Hingga kini, belum ada data yang memberitakan mengenai efek samping vitamin B6 secara masif. Namun bagi sebagian pengguna, efek samping yang dapat ditimbulkan kepada pengguna adalah mengantuk, mual hingga muntah, sakit kepala ringan, kebas pada bagian tubuh, sakit perut, dan juga diare.


Temukan lebih banyak konten terkait dengan Efek Samping atau konten menarik lain di PPPA

facebook
Twitter
Follow

Tinggalkan komentar

Close