Efek Samping Minum Kopi Tanpa Gula

Kopi merupakan salah satu minuman yang menjadi favorit dari banyak orang. Jenis minuman ini juga diklaim memiliki banyak manfaat kesehatan untuk tubuh. Sebagian orang memiliki cara tersendiri dalam mengkonsumsi kopi, beberapa di antaranya memilih untuk minum kopi tanpa gula.

Meskipun terasa pahit, pada kenyataannya banyak penikmat kopi yang memilih untuk tidak mencampur kopi dengan gula. Dengan demikian rasa kopi asli tidak bercampur dengan rasa-rasa lainnya. Kenikmatan inilah yang banyak dicari oleh pecinta kopi.

Meski kopi merupakan minuman yang banyak diminati, namun terlalu banyak mengkonsumsi kafein juga tidak baik bagi kesehatan. Oleh karena itu, mengkonsumsi kopi juga harus disertai dengan batas aman sehingga dapat merasakan manfaatnya.

Manfaat Minum Kopi Tanpa Gula

Ada banyak manfaat minum kopi tanpa gula. Kandungan antioksidan yang terkandung dalam kopi cukup kuat sehingga dapat memelihara kesehatan jantung. Rutin meminum kopi juga dapat mencegah penyakit jantung.

Kopi juga mengandung kafein yang dapat membantu memberikan semangat. Meminum kopi tanpa gula membuat zat kafein ini lebih cepat terserap dalam aliran darah. Kafein juga dapat mengikat reseptor adenosin yang merupakan senyawa kimia untuk memberi sinyal mengantuk. Karena itulah meminum kopi dapat membuat orang tetap terjaga.

Batas Aman Minum Kopi Tanpa Gula

Normalnya, mengkonsumsi kafein masih dalam tahap aman jika dikonsumsi sebanyak 200 hingga 400mg per hari. Bisa dikatakan, batas aman meminum kopi adalah sekitar 2 hingga maksimal 4 cangkir kopi atau setara dengan 4 hingga 8 cangkir teh per harinya.

Batas normal tersebut tidak direkomandasikan bagi yang memiliki riwayat penyakit seperti jantung. Dengan riwayat penyakit tertentu, kafein harus dikurangi hingga setengah dari rekomendasi batas normal.

Cara Konsumsi Kopi Tanpa Gula

Jika tidak ingin mengkonsumsi kopi dengan menggunakan gula, ada beberapa cara lain mengkonsumsi kopi yang sehat dan lebih nikmat. Anda dapat mencampur kayu manis dalam kopi, cukup satu sendok teh saja untuk membuatnya lebih nikmat.

Selain kayu manis, dapat juga menggunakan bubuk kakao sehingga kopi akan memiliki sensasi dari coklat murni. Sedikit ekstrak vanilla juga dapat menjadi alternatif untuk membuat manis kopi tanpa menggunakan gula.

Peringatan dalam Minum Kopi Tanpa Gula

Meskipun kopi merupakan minuman yang aman apabila dikonsumsi sesuai dengan batas rekomendasi, namun beberapa kondisi tertentu membuat minuman ini harus dibatasi atau dihindari. Gangguan mental seperti kecemasan, bipolar, atau depresi sebaiknya menjauhi minuman ini.

Selain itu, orang dengan gangguan pencernaan termasuk asam lambung, juga asam urat, diabetes, dan sedang mengkonsumsi obat tertentu juga tidak dianjurkan untuk meminum kopi. Wanita hamil juga lebih baik membatasi dalam mengkonsumsi kopi karena dapat membahayakan kandungan.

Efek Samping

Ada beberapa efek samping minum kopi tanpa gula, terutama bagi yang tidak terbiasa atau minum kopi berlebihan. Efek samping yang cukup umum adalah sulit tidur karena adanya zat kafein, gelisah, nyeri perut, dan jantung berdebar.

Temukan lebih banyak konten terkait dengan Efek Samping atau konten menarik lain di PPPA

facebook
Twitter
Follow

Tinggalkan komentar