close

Wajib Kenali Macam-Macam Pinjaman Uang Dari Bank

Bank menyediakan fasilitas pada nasabah berupa pinjaman dana dengan adanya pemberlakuan bunga dan perjanjian pengembalian dana yang disepakati oleh pihak Bank dan nasabah yang bersangkutan. 

Bentuk pinjaman pun beragam, ada yang menggunakan agunan atau jaminan ada pula yang berbentuk kredit tanpa agunan.

Macam-Macam Pinjaman Uang Dari Bank

Sebelum mengenal lebih jauh soal apa itu kredit tanpa agunan dan perbedaanya dengan pinjaman lain ketahui dahulu jenis-jenisnya. Terdapat berbagai macam jenis pinjaman uang yang ditawarkan oleh bank, untuk lebih jelasnya, simak ulasannya berikut ini :

1. Pinjaman Modal Usaha

Pinjaman modal usaha dari bank dapat diklasifikasikan berdasarkan skala usaha atau model bisnis yang dijalankan, diantaranya :

  • Kredit Usaha Rakyat (KUR)

Program ini bertujuan untuk membantu mengembangkan Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) dengan bunga rata-rata 7 persen per tahun dengan maksimal pinjaman sebesar 500 juta rupiah.

  • Kredit Modal Kerja (KMK)

Program ini merupakan fasilitas yang bertujuan untuk membantu memenuhi modal kerja suatu bisnis, seperti digunakan untuk pembelian bahan baku atau membayar gaji pegawai.

Dengan adanya fasilitas seperti ini, pihak bank berharap kegiatan usaha yang diberikan modal tersebut dapat berkembang dan mampu menghasilkan keuntungan untuk memenuhi kewajiban angsuran setiap bulannya.

  • Kredit Investasi

Kredit Investasi bertujuan untuk membiayai pengembangan suatu usaha,misalnya membuka pabrik, mesin, atau lahan baru.

2. Pinjaman Untuk Properti

Dikenal dengan Kredit Pemilikan Rumah (KPR), pinjaman jenis ini dapat diklasifikasikan menjadi dua jenis, yaitu :

  • KPR Subsidi

KPR jenis ini ditujukan bagi masyarakat yang memiliki penghasilan rendah agar mereka juga memiliki hunian sendiri. Untuk mendapatkan KPR subsidi, salah satu syaratnya yaitu memiliki gaji maksimal sebesar 8 juta rupiah.

Untuk memudahkan masyarakat berpenghasilan rendah memiliki huniannya sendiri, uang muka pembelian rumah biasanya sebesar mulai dari 1 persen dari harga jual, suku bunga flat 5 persen per tahun, dan tenor cicilan maksimal selama 20 tahun.

Keuntungan lainnya yaitu nasabah tidak dikenakan premi asuransi dan PPN.

  • KPR Non Subsidi

KPR satu ini tidak mendapatkan subsidi dari pemerintah yang ketentuan besaran kredit dan suku bunganya ditentukan oleh bank.

3. Pinjaman Untuk Kendaraan Bermotor

Pinjaman ini digunakan untuk nasabah yang berniat membeli kendaraan baik baru atau bekas. Rata-rata maksimal waktu angsuran pinjaman ini sampai tujuh tahun.

Sumber : https://www.istockphoto.com/id/foto/pengusaha-yang-bekerja-dan-menggunakan-tablet-digital-proyek-bisnis-baru-membiayai-gm1150017950-311171738

4. Pinjaman Multiguna

Pinjaman ini tidak memiliki spesifikasi khusus untuk tujuan penggunaannya, sehingga debitur dapat menggunakannya untuk keperluan apa saja. Terdapat dua jenis pinjaman multiguna yaitu kredit tanpa agunan/jaminan dan kredit dengan jaminan.

  • Kredit Dengan Jaminan

Berbanding terbalik dengan KTA, jenis kredit ini diberikan sesuai dengan nilai barang yang dijadikan jaminan. Semakin besar nilai aset yang dijaminkan, kemungkinan pinjaman yang diberikan pun besar.

Keunggulan pinjaman ini diantaranya dapat memberikan pinjaman hingga miliran rupiah, dengan tenor pinjaman yang lebih lama, hingga 10 tahun atau lebih.

  • Kredit Tanpa Jaminan/Agunan (KTA)

Apa itu kredit tanpa agunan? Merupakan salah satu fasilitas pinjaman dari Bank yang calon debiturnya tidak perlu menyiapkan agunan atau jaminan. Sehingga pinjaman jenis ini tergolong cepat dan mudah mulai dari proses pengajuan hingga pencairan dana.

Namun persyaratan pengajuan dapat berbeda-beda pada masing-masing bank. Untuk limit pinjaman juga beragam mulai dari puluhan hingga ratusan juta rupiah dengan tenor pinjaman rata-rata hingga 36 bulan saja.

Setelah mengetahui apa itu kredit tanpa agunan, cukup banyak orang yang tertarik untuk menggunakan fasilitas ini.

Pilihan KTA Terbaik? digibank KTA Tentunya!

DBS Indonesia berkomitmen menghadirkan digibank sebagai digital banking terbaik. Salah satu produk digibank by DBS adalah digibank KTA. Pinjaman kredit tanpa agunan bisa kamu dapatkan juga di digibank KTA yang menawarkan banyak keuntungan untuk kamu diantaranya :

  • Online 24 Jam

Pelayanan maksimal selama 24 jam agar kamu dapat melakukan pengajuan pinjaman kredit tanpa agunan dimanapun dan kapanpun melalui Aplikasi digibank by DBS atau melalui website go.dbs.com/kta, bisa diakses melalui handphone.

  • Approval 60 Detik

Approval pengajuan pinjaman akan diproses hanya selama 60 detik saja.

  • Tanpa Dokumen Fisik

Kamu tidak perlu menyiapkan dokumen secara fisik, cukup dokumen dalam bentuk scan atau foto.

  • Atur Pinjaman

Kamu bisa menentukan berapa jumlah dana yang kamu butuhkan.

  • Cair Hingga 80 Juta

Pinjaman kredit tanpa agunan digibank KTA dapat cair hingga Rp 80 juta rupiah.

  • Cicilan Hingga 36 Bulan

Tenor pinjaman hingga 36 bulan, sangat menguntungkan bukan?

  • Persyaratan Mudah

Pastikan berdomisili Jabodetabek, Bandung, Surabaya atau Semarang dan memiliki e-KTP dan NPWP, memiliki penghasilan minimal Rp 5 juta, dan memiliki kredit di bank lain dengan limit minimal Rp 10 juta.

Ada beberapa langkah yang harus kamu lakukan untuk mendapatkan kredit tanpa agunan dari digibank KTA jika kamu belum terdaftar sebagai nasabah, diantaranya :

  1. Pada laman https://secure.id.dbsdigibank.com/ kamu bisa klik apply disini, kemudian isi seluruh data dengan lengkap. Pastikan alamat URL yang kamu buka sudah tepat.
  2. Tunggu proses persetujuan dalam waktu 60 detik. Agar proses persetujuan ini berjalan lancar, hindari menutup atau memindah layar websitemu ya.
  3. Pilih jumlah pinjaman kredit tanpa agunan dan cicilan, lalu buat username dan password akun digibank. Tips keamanan: Buatlah password yang tidak mudah ditebak dan hindari
  4. Isi dan lengkapi data dirimu. Lalu, atur janji temu dengan agen digibank untuk verifikasi biometrik. Psst, jaga kerahasian data dan jangan ijinkan orang lain untuk mengisi ya!
  5. Pinjaman segera cair ke rekening digibank-mu.

Untuk kamu yang sudah menjadi nasabah, kamu bisa melakukan kredit tanpa agunan ke digibank KTA by DBS dengan cara :

  1. Klik Personal Loan di menu Utama Aplikasi
  2. Lengkapi data diri
  3. Tunggu konfirmasi persetujuan kredit tanpa agunan dalam 60 detik
  4. Pilih limit pinjaman dan tenor yang diinginkan
  5. Dana cair secara real-time hingga Rp80 juta

Itulah beberapa keunggulan dari pinjaman kredit tanpa agunan dari digibank KTA, jadi jangan ragu lagi, ajukan pinjamanmu sekarang juga hanya di digibank KTA.

Tinggalkan komentar