TENTANG KAMI

Tentang PPPA Daarul Qur'an


Senyum Lebaran Penuh Kebahagiaan

Darmawan E. Setiadi
Direktur Eksekutif

Asssalamu'alaikum, bapak ibu yang terhormat. Rasa sedih selalu terpancar saat Ramadan meninggalkan kita, namun kita harus tetap bersyukur masih diberikan kesempatan oleh Allah untuk berjumpa dengan Ramadan tahun ini. Doa kita tentunya ingin jumpa di Ramadan tahun-tahun berikutnya agar semakin meningkat amal ibadah kita.

Syawal berada setelah Ramadan dimana Ramadan adalah bulan yang penuh berkah, rahmat serta idkuminannar,  khususnya umat muslim digembleng langsung oleh Allah. Syawal dalam arti kata naik, ringan, membawa (mengandung). Berbicara kata naik inilah yang Allah maksudkan setelah manusia dididik, Allah menginginkan manusia yang telah mencicipi institusi ilahi di bulan Ramadan tersebut naik tingkat atau derajat  di mata-Nya, dengan cara terus meningkatkan ketaqwaan kita kepada Allah.

Di bulan Ramadan, manusia diajarkan untuk meningkatkan salat di malam hari, maka setelah keluar dari bulan yang mulia ini, tingkat salat harus terus dinaikkan. Ramadan juga mengajarkan manusia mampu menahan lapar dan dahaga, amarah, nafsu dan emosi. Ramadan juga mengajarkan kita harus memberikan sebagian harta yang kita miliki yaitu lewat zakat fitrah, manusia yang berhasil dan naik tingkat derajatnya di mata Allah maka manusia tersebut selalu memiliki sifat suka menolong dan suka memberi, alias tidak bakhil.

Manusia mampu meringankan langkah dalam bentuk ketaqwaan dan membuktikan keimannya kepada Allah di bulan Ramadan dengan berbagai cara. Meringkan langkah dalam beribadah kepada Allah menuju masjid agar mampu melaksanakan salat Tarawih secara berjamaah, meringankan tangan dalam urusan tolong-menolong, meringkankan perut agar mampu menahan lapar dan dahaga, meringankan diri agar mampu untuk membaca Alqur'an pada waktu-waktu tertentu.

Syawal atau lebaran ini, Daarul Qur'an mengajak berbagi senyum lebaran. Bukan hanya karena senyum adalah sedekah, lebih dari itu Daarul Qur’an mengajak berbagi kebahagiaan, bahagia karena sudah berlatih selama Ramadan. Kami mengajak beribadah dengan penuh senyuman kebahagian bukan dengan beban. Mengerjakan salat berjamaah, sedekah serta ibadah lainnya dengan dengan penuh kegembiraan. Kita berbagi, serta mengajak keluarga, tetangga dan  orang lain dengan penuh kegembiraan. Wa'lahu'alam bisowab.


Konten lainnya dalam Modul TENTANG KAMI / Tentang PPPA Daarul Qur'an ini ..