PROGRAM PPPA DAQU

Bidang Pendidikan dan Dakwah


Simpatik Guru

Simpatik Guru adalah program bantuan honor untuk guru, da’i, dan para pendakwah Al-Qur’an yang telah mengabdi dalam dunia pendidikan dan dakwah selama minimal 3 tahun.

Bantuan Simpatik Guru diberikan untuk jangka waktu 3 tahun setelah assessment dengan evaluasi dan monitoring 6 bulanan. Besarnya bantuan atas dasar cakupan dakwah. Sedangkan, pendampingan diberikan per 6 bulan untuk peningkatan kapasitas penerima program Simpatik Guru.

A.Latar Belakang

Guru adalah tulang punggung pendidikan. Di tangan para guru lah kualitas dan arah pendidikan digantungkan. Tak terkecuali para guru di kampung-kampung yang mengajarkan Al-Qur’an dengan penuh pengabdian. Panggilan hati merekalah yang terus menghidupkan pendidikan bagi anak-anak maupun masyarakat umum baik melalui kelas-kelas informal di masjid, majelis dan musholla, maupun di kelas formal seperti madrasah.

Padahal tak jarang secara ekonomi, kondisi dari para “guru kampung” ini berada dalam kondisi pas-pasan. Bekerja penuh waktu dengan penghasilan yang kurang memadahi untuk menopang kehidupan yang layak bagi keluarganya. Bahkan banyak sekali guru-guru ngaji yang tidak “dibayar” karena semua santrinya tidak dipungut biaya sepeser pun alias gratis.

Disisi lain, tidak semua guru ngaji merupakan lulusan dari pondok pesantren. Banyak guru yang terpanggol jiwanya untuk mengajak kebaikan termasuk mengajarkan Al-Qur’an, meskipun dengan “kemampuan seadanya”. Oleh karena itu, Daarul Qur’an mengadakan program Simpatik Guru untuk memberikan dukungan dan pendampingan aktifitas guru ngaji. Peningkatan kualitas materi keagamaan dan Al-Qur’an, aspek manajemen pengajaran serta penghafalan Al-Qur’an menjadi titik poin pembinaan yang dilakukan. Tentu disesuaikan dengan kondisi riil di lapangan. Dukungan dana rutin sebagai bagian apresiasi dilakukan untuk memberi semangat guru ngaji.

B. Maksud dan Tujuan

- Memberikan dukungan kepada guru, da’i, dan para pendakwah Al-Qur’an dalam menjalankan pengabdian di dunia pendidikan dan dakwah.

- Memberikan pembinaan dan pendampingan kepada guru, da’i, dan para pendakwah Al-Qur’an untuk meningkatkan kapasitas dan kompetensi dalam mengajar dan mendidik.

- Membantu gerakan dakwah Al-Qur’an ke seluruh daerah

   a) Kriteria Penerima Program

Kriteria penerima program Simpatik Guru adalah orang yang memenuhi syarat sebagai berikut:

Prinsip Program 

  • Ruang lingkup dakwah Qur’an di daerah pelosok, wilayah pinggiran, minoritas, atau komunitas marjinal.
  • Telah mengabdi dalam dakwah Qur’an minimal 3 tahun dan minimal mendampingi 20 orang (santri maupun masyarakat) di aktivitas sehari-hari.
  • Mengajar di madrasah, TPA/TPQ, masjid, atau majelis taklim.
  • Berkomitmen menambah kapasitas diri, sendiri ataupun melalui pendampingan PPPA Daarul Qur’an selama mengikuti program.
  • Peningkatan kapasitas di bidang tahsin, tahfidz, dakwah, dan cara mengajar.

   b) Output dan Indikator Keberhasilan Program

Output dan indikator keberhasilan program Simpatik Guru adalah sebagai berikut:

  • Program mampu memberikan manfaat bagi 1.000 guru, da’i, dan para pendakwah Al-Qur’an terutama yang mendidik santri dari keluarga kurang mampu di seluruh Indonesia dalam 3 tahun.
  • Guru, da’i, dan para pendakwah Al-Qur’an yang memenuhi kriteria mendapatkan tunjangan hidup rutin setiap bulan untuk membantu memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.
  • Guru, da’i, dan para pendakwah Al-Qur’an memperoleh program pembinaan dan pendampingan untuk meningkatkan kapasitas.

C) Kegiatan

  • Sosialisasi program terutama ke mitra atau simpul Daarul Qur’an serta tokoh masyarakat baik secara langsung maupun pertemuan warga.
  • Menerima data-data calon penerima manfaat program di 10 propinsi.
  • Menyeleksi secara administrasi dan menentukan 1000 calon penenrima program simpatik guru ngaji.
  • Pemberian tunjangan hidup rutin bulanan
  • Pelatihan dan pembekalan terkait daqu methode
  • Evaluasi rutin bulanan, semester dan tahunan dilakukan oleh koordinator wilayah masing-masing propinsi.
  • Laporan rutin bulanan, semester dan tahunan kepada manajemen program

D) Waktu Program

Waktu pelaksanaan program akan berjalan selama 1 tahun (12 bulan) dan akan dievaluasi di akhir tahun sebagai bahan penyusunan rencana tindak lanjut.

Adapun rincian kegiatan berbasis waktu dapat diterangkan sebagai

berikut :

No AKTIFITASULAN TAHUN 2015

1 Sosialisasi ke mitra atau tokoh masyarakat

2 Menerima data-data calon penerima

3 Menyeleksi dan menentukan 1000 guru

4 Pemberian tunjangan hidup rutin bulanan

5 Pelatihan dan pembekalan daqu methode

6 Evaluasi rutin bulanan, semester dan

7 Laporan rutin bulanan, semester, tahunan

 


Konten lainnya dalam Modul PROGRAM PPPA DAQU / Bidang Pendidikan dan Dakwah ini ..