close

Pilih AI Camera CCTV atau Konvensional untuk Area Bisnis?

Teknologi Artificial Intelligence atau AI semakin banyak diaplikasikan untuk berbagai alat-alat yang memudahkan kehidupan sehari-hari. Misalnya saja untuk sistem keamanan bangunan dan lingkungan, CCTV dengan teknologi AI camera dianggap lebih akurat dan mampu menyesuaikan dengan tuntutan perkembangan zaman. Kebutuhannya semakin tinggi terutama pada area bisnis atau area publik.

Area bisnis merupakan kawasan yang melibatkan banyak orang, baik skala bisnis rumahan hingga bisnis skala besar. Lalu lintas kendaraan serta mobilitas orang wajib diperhatikan keamanannya. Demikian juga aset dan properti, barang hasil produksi, data bisnis, kendaraan kantor dan karyawan. Untuk itu, penggunaan kamera pengawas menjadi kebutuhan yang tidak bisa lagi dihindari. Pengelola bisnis wajib mengetahui apa itu AI camera, fungsi dan kelebihannya dibandingkan dengan kamera pengawas konvensional.

Perbedaan CCTV AI dengan CCTV Konvensional 

Teknologi kecerdasan buatan yang digunakan pada kamera pengawas dianggap lebih akurat dan menguntungkan dibandingkan CCTV konvensional. Terutama untuk pemasangan di area bisnis, tempat di mana terjadi banyak interaksi orang dan barang. Keberadaan CCTV AI sangat membantu sistem keamanan area bisnis, sekaligus juga peningkatan kebutuhan bisnis. Berikut ini keunggulan CCTV AI camera dibandingkan dengan CCTV konvensional.

1. Deteksi Objek Lebih Mudah 

Perangkat CCTV dengan kecerdasan buatan mampu mendeteksi objek dengan lebih mudah. Kamera pengawas akan melakukan analisa terhadap objek bergerak, samar, atau diam, dan membedakan antara kendaraan atau manusia. Bukan hanya itu saja, kecerdasan buatan bahkan mampu menganalisa wajah manusia dengan akurat. Kecerdasan ini tentu meningkatkan sistem keamanan secara keseluruhan di area bisnis.

Tidak seperti kamera pengawas konvensional, CCTV dengan AI camera mampu melakukan pengawasan terhadap wajah-wajah yang kerap muncul di suatu lingkungan tertentu. Ketika ada wajah asing dengan gerakan yang mencurigakan, kamera CCTV akan memberikan peringatan agar Anda dan petugas keamanan merespon dengan cepat. Dengan begitu, sistem keamanan bisa ditingkatkan atau diperketat sehingga kejahatan dapat diminimalisir atau peristiwa yang tidak diinginkan dapat dihindari. 

Kemampuan mendeteksi objek dan analisa wajah manusia merupakan keunggulan utama kamera pengawas dengan kecerdasan buatan. Fungsi ini sangat berguna bagi pihak kepolisian dalam proses penyelidikan atau pelacakan pelaku kejahatan. Pekerjaan polisi menjadi lebih mudah dan terhindar dari kesalahan penangkapan. Sedangkan bagi pengelola bisnis, kecerdasan ini juga membantu mengamankan lingkungan bisnisnya agar usaha dapat terus berjalan dengan tertib dan nyaman. 

2. Pengawasan Lebih Akurat

Kecerdasan buatan menghasilkan perangkat CCTV melakukan pengawasan dengan lebih akurat dibandingkan kamera pengawas konvensional. Dengan dilengkapi fitur-fitur canggih yang mampu mengelola dan mengatur lensa, kamera pengawas berteknologi canggih ini mampu mengenali plat nomor kendaraan dengan lebih jelas dalam tampilan gambar yang jernih.

Kecerdasan ini menjawab kebutuhan terhadap sistem keamanan yang menyeluruh, terutama untuk area bisnis yang memiliki lalu lintas kendaraan tinggi. Anda dan petugas keamanan bisa dengan mudah mengenali plat nomor kendaraan yang digunakan pelaku kejahatan atau justru kendaraan bisnis yang diambil oleh pencuri, serta melaporkannya pada pihak yang berwajib. Dengan begitu, polisi bisa segera melakukan pelacakan dan penangkapan.

3. Sinyal Alarm Terpercaya

Pada kamera pengawas konvensional, sangat mungkin terjadi kesalahan pengintaian dan mengirimkan sinyal alarm palsu pada anda. Kekurangan ini seringkali dimanfaatkan oleh pelaku kejahatan untuk memanipulasi kamera pengawas agar memberikan alarm palsu. Ketika Anda dan petugas keamanan bergerak ke arah lokasi yang salah, maka pelaku kejahatan melakukan aksinya di tempat lain yang sudah diincar. 

Kesalahan alarm palsu dapat dihindari pada penggunaan AI camera CCTV di area bisnis Anda. CCTV AI merekam semua kejadian secara real time. Setelah melakukan deteksi objek dan analisa wajah, barulah kamera mengirimkan alarm peringatan melalui komputer atau smartphone yang dihubungkan dengan internet. Anda dan petugas keamanan bisa memberikan respon cepat dan mencegah terjadinya tindak kejahatan.

4. Hasil Rekaman Jelas dan Mendetail

Kecerdasan buatan diaplikasikan pada fitur-fitur canggih yang tersedia pada perangkat CCTV masa kini. Gambar yang dihasilkan tajam, mendetail, dan dengan warna yang jelas. Inovasi teknologi kamera pengawas memudahkan kerja Anda dan petugas keamanan, ketika melakukan proses identifikasi peristiwa yang terjadi. Kamera pengawas mampu memberikan identifikasi hasil rekaman dengan kategori manusia, objek bergerak atau kendaraan, dan objek diam. 

Resolusi tinggi dan bukaan lensa kamera yang lebar memungkinkan proses perekaman gambar lebih optimal, termasuk dalam keadaan redup atau minim pencahayaan. Hasil rekaman yang akurat dan tajam ini dapat Anda gunakan  untuk membantu pihak kepolisian dalam melakukan pelacakan hingga penangkapan pelaku kejahatan. Bahkan dapat juga dijadikan barang bukti yang legal di persidangan.

5. Membantu Kebutuhan Bisnis

Business intelligence sangat berkaitan erat dengan apa itu AI camera. Salah satu kecerdasan unggulan CCTV AI dibandingkan kamera pengawas konvensional adalah kemampuan dalam bidang ini. Dengan memasang kamera pengawas berteknologi kecerdasan buatan di area bisnis, Anda bisa mendapat data perhitungan jumlah kunjungan orang di suatu lingkungan dalam pantauan CCTV secara tepat dan akurat. 

Data mobilitas manusia atau jumlah kunjungan orang dibutuhkan untuk evaluasi strategi marketing dan promosi bisnis. Melalui hasil evaluasi ini, kinerja dan mutu pelayanan bisnis dapat ditingkatkan menjadi lebih baik. Bukan hanya untuk kebutuhan bisnis saja, kecerdasan ini juga bisa dimanfaatkan untuk peningkatan mutu pelayanan di area fasilitas umum dan rumah sakit. 

Hikvision ColorVu AI Camera Terbaik untuk Area Bisnis

Sederet keunggulan yang ditawarkan AI camera CCTV membuktikan bahwa inovasi teknologi kecerdasan buatan menghasilkan sistem keamanan yang lebih baik dibandingkan kamera pengawas konvensional. Hikvision ColorVu hadir sebagai solusi kebutuhan masa kini terhadap perangkat sistem keamanan dengan kecerdasan buatan. Brand ini memberikan keunggulan produk yang dapat Anda manfaatkan, antara lain:

  • Kemampuan merekam semua peristiwa dalam gambar yang tajam dan terang
  • Tampilan gambar hasil zoom dalam warna yang cerah
  • Resolusi kamera tinggi hingga 4K
  • Didukung oleh teknologi kecerdasan buatan yang canggih

Keunggulan CCTV AI camera sudah tidak perlu diragukan lagi. Kini saatnya Anda beralih dari kamera pengawas konvensional dan menggunakan CCTV masa kini. Hikvision ColorVu merupakan AI camera terbaik dengan teknologi canggih untuk pemantauan keamanan dan business intelligence di area bisnis Anda. Dapatkan informasi lebih lengkap di sini.

Tinggalkan komentar