Perbedaan M Card dan E Card Jenius

Di jaman modern ini, semua sudah serba canggih. Termasuk dalam hal transaksi keuangan. Baru-baru ini Bank BTPN telah mengeluarkan fasilitas baru yang bernama Jenius. Jenius bisa memudahkan para nasabah bank dalam melakukan berbagai macam transaksi keuangan dengan lebih simple, aman dan cerdas.

Jenius sendiri merupakan aplikasi perbankan digital yang dapat digunakan di smartphone seperti android dilengkapi kartu debit visa. Jenius memiliki beberapa fitur yang disediakan, salah satunya Card Center.

Card Center sendiri berfungsi mengatur semua kartu debit di satu tempat. Di dalamnya terdapat M Card dan E Card jenius. Sekilas nampak sama, namun sebenarnya keduanya terdapat perbedaan M Card dan E Card jenius.

Beberapa Perbedaan M Card dan E Card Jenius

1. Proses Penarikan Uang

Pada M Card, kita bisa melakukan tarik tunai di ATM BTPN mana saja di seluruh Indonesia dengan bebas biaya admin. Sama halnya ketika kita ingin melakukan penarikan lewat beda ATM seperti jaringan prima, ATM bersama, kita juga tak akan memperoleh potongan biaya admin. Beda halnya ketika kita hendak melihat saldo lewat ATM lain, kita akan dipotong biaya untuk admin.

Karena M Card sebenarnya sama dengan kartu ATM pada umumnya. Sementara E Card sendiri hanya bisa transaksi online saja, tidak dapat melakukan transaksi tunai.

Editor terkait:

2. Bentuk Mata Uang

Dalam M Card, dapat menggunakan berbagai macam mata uang, seperti JPY, USD dan SGD. Tak hanya mata uang rupiah saja. Namun syaratnya, bank BTPN harus bekerja sama dengan mata uang yang ingin digunakan itu. Sedangkan pada E Card, hanya bisa menggunakan mata uang rupiah saja.

3. Masa Pemberlakuan

Perbedaan M Card dan E Card jenius yang selanjutnya adalah pada masa berlakunya. Pada umumnya, kartu transaksi hanya memiliki masa berlaku kurang lebih lima tahun sudah harus sudah diganti.

Sama seperti kartu transaksi lainnya, M Card juga memiliki batas waktu. M Card tak bisa digunakan lagi setelah melewati masa kadaluarsa. Jika ingin tetap menggunakannya kita harus mengganti kartunya.

Berbeda dengan M Card, E Card lebih mudah dan tidak merepotkan. Dalam E Card kita bisa menggunakan selamanya, selama kita masih menjadi nasabah bank BTPN tanpa batasan waktu.

4. Fungsi Kartu

M Card ini berfungsi sama seperti kartu ATM biasa, selain itu M Card ini juga merupakan kartu utama nasabah BTPN. Sementara E Card sendiri fungsi utamanya adalah untuk transaksi online. Seperti misalnya jika kita ingin melakukan pembelian lewat aplikasi online seperti berbelanja, membeli tiket dan transaksi online lainnya.

Walaupun e card sendiri sebenarnya adalah kartu debit tapi e card juga bisa dipakai sebagai kartu kredit. Sumber keuangan berasal dari tabungan kita sendiri.

Editor terkait:

5. Tampilan Fisik

Yang terakhir, perbedaan M Card dan E Card jenius ialah terdapat pada tampilan fisiknya. Dalam M Card memiliki tampilan fisik yang sama dengan kartu ATM. Terdapat kode yang sama dengan kode pada ATM di bagian tengah kartu.

Ada 16 digit kode di bagian depan, sama seperti kartu ATM pada umumnya, dilengkapi dengan tulisan valid thru, jenius dan visa debit.

Jika pada M Card kita dapat melihat bentuk fisiknya, berbeda halnya dengan E Card, kita tidak akan melihat bentuknya, karena E Card adalah kartu virtual. Perlu aplikasi untuk dapat melihat berapa sisa saldo dan melakukan segala transaksi keuangan.


Temukan lebih banyak konten terkait dengan Pengetahuan Umum atau konten menarik lain di PPPA

Tinggalkan komentar