Perbedaan Essence dan Serum

Bagi Anda yang setiap harinya memakai serangkaian produk skincare pastinya sudah tak asing dengan essence dan serum. Namun ternyata masih banyak orang yang belum mengetahui perbedaan essence dan serum.

Essence dan serum wajah memiliki kegunaan yang hampir mirip, yakni untuk melembabkan, menghaluskan, dan meratakan warna kulit wajah. Keduanya juga terbuat dari bahan aktif yang memiliki konsentrat tinggi.

Baik essence maupun serum sama-sama berasal dari bahan dasar air, yang membedakan yakni dari teksturnya. Essence memiliki tekstur yang ringan dan lebih cair daripada serum. Namun, perbedaan keduanya tidak hanya itu.

Berikut beberapa Perbedaan Essence dan Serum yang Belum Banyak Diketahui Orang

1. Kegunaan pada wajah

Walaupun memiliki kegunaan yang hampir mirip, namun essence dan serum tentu memiliki perbedaan. Seperti yang sudah dikatakan di atas, kegunaan keduanya ialah untuk melembabkan, menghaluskan, dan meratakan warna kulit.

Namun bedanya, serum memiliki lebih banyak kandungan bahan aktif. Hal ini membuat manfaat serum lebih lengkap dibanding essence. Selain itu, terkadang serum memiliki bermacam-macam jenis yang dapat disesuaikan dengan masalah kulit Anda.

Editor terkait:

2. Cara penggunaan

Agar dapat lebih cepat meresap pada kulit, Anda bisa menggunakan essence dengan cara meneteskannya terlebih dahulu pada telapak tangan. Dan kemudian mengoleskan pada wajah secara halus dan ditepuk tepuk secara perlahan.

Sama dengan essence, serum tidak boleh digunakan seenaknya sendiri. Anda bisa menggunakan serum pada pagi dan malam hari. Ketika menggunakan serum, disarankan Anda hanya memakai sekitar 2-3 tetes saja. Sebab terlalu banyak menggunakan serum justru membuat penyerapannya ke kulit lebih sulit sehingga tidak efektif.

3. Urutan penggunaan

Dalam rangkaian penggunaan produk-produk skincare, perlu diketahui bahwa essence dan serum digunakan secara berurutan. Yakni terlebih dahulu menggunakan essence kemudian dilanjut dengan penggunaan serum.

Jadi, apabila diurutkan dalam rangkaian penggunaan skincare wajah maka akan terbentuk urutan dari mencuci wajah, memakai toner, essence, baru kemudian menggunakan serum.

4. Tekstur yang dimiliki

Perbedaan essence dan serum selanjutnya yaitu teksturnya. Perbedaan ini menjadi perbedaan paling mendasar yang ada pada essence dan serum. Jika dilihat secara sekilas, tekstur yang dimiliki kedua produk ini terlihat sama saja, yakni berair. Namun, sebenarnya essence dan serum memiliki tekstur yang cukup berbeda.

Tekstur pada essence lebih ringan dan cair saat digunakan pada wajah, hal ini membuat essence dapat lebih mudah menyerap ke kulit wajah. Sementara tekstur yang dimiliki serum lebih kental atau tebal dibandingkan essence, ini dikarenakan konsentrasi yang dimiliki serum lebih tinggi dibandingkan konsentrat yang dimiliki essence.

Editor terkait:

5. Kandungan yang terdapat di dalamnya

Perbedaan tekstur yang ada pada essence dan serum sebenarnya dipengaruhi dengan kandungan yang terdapat di dalamnya. Essence memiliki tekstur sedikit lebih kental dibandingkan toner atau air, namun tidak lebih kental dari serum. Hal ini dikarenakan kandungan atau konsentrasi kandungan yang digunakan lebih sedikit dan cenderung lebih banyak menggunakan bahan dasar air.

Sedangkan serum memiliki konsentrasi kandungan yang cenderung lebih tinggi dibandingkan essence, hal ini bertujuan untuk memaksimalkan penyerapan kandungan zat pada kulit wajah.

Perbedaan essence dan serum juga terletak pada bahannya. Seringkali terdapat bahan tambahan lain pada produk serum. Bahan yang kerap ditambahkan di serum diantaranya vitamin C, hyaluronic acid, glutathione, dan bahan-bahan lain. Penambahan berbagai bahan ini digunakan untuk lebih memaksimalkan kegunaan atau fungsi khusus suatu produk serum.


Temukan lebih banyak konten terkait dengan Pengetahuan Umum atau konten menarik lain di PPPA

Tinggalkan komentar