Perbedaan Efektif dan Efisien

Tentunya Anda sering kali mendengar istilah efektif dan efisien. Terdapat perbedaan efektif dan efisien yang banyak tidak diketahui oleh orang.

Beberapa orang menganggap dua istilah tersebut memiliki arti yang sama, sehingga banyak yang salah menempatkan penggunaan kedua kata tersebut. Istilah efektif dan efisien tidak dapat dipisahkan di dalam bidang ekonomi dan pengaturan pekerjaan.

Bagi Anda yang bingung untuk membedakan antara keduanya, berikut ini akan diulas mengenai apa saja perbedaan antara efektif dan efisien.

Apa Saja Perbedaan Efektif dan Efisien?

1. Berdasarkan Definisi

Efektif memiliki definisi yaitu mengerjakan sesuatu aktivitas untuk memperoleh target yang ingin untuk dicapai. Sedangkan definisi dari efisien itu sendiri adalah mengerjakan aktivitas dengan upaya yang maksimal namun agar mencapai hasil yang lebih optimum.

Sekilas memang definisi dari kedua istilah tersebut tidak jauh berbeda. Namun nyatanya antara keduanya memang terdapat perbedaan, baik itu dari segi makna dan pemakaian yang tidak dapat ditukar.

Menurut KBBI sendiri, efektif di sini memiliki arti memperoleh hasil sedangkan efisien memiliki arti dapat menjalankan tugas dengan cermat dan tepat. Secara istilah efektif di sini memang memiliki arti melakukan dan menyelesaikan pekerjaan yang dikehendaki.

Hal tersebut tentu berbeda dengan efektif, efisien adalah suatu upaya yang dilakukan untuk memperoleh hasil yang lebih optimal dengan sebuah usaha yang minimum.

Editor terkait:

2. Fokus Aspek

Fokus aspek antara kedua istilah tersebut berbeda. Hal itu termasuk di dalam salah satu perbedaan dari efektif dan efisien. Suatu kegiatan ataupun pekerjaan di sini bisa dibilang efektif jika memperoleh hasil yang benar dan baik. Pihak lain tidak perlu untuk mengetahui bagaimana proses tersebut berlangsung.

Hal itu tentunya berbeda dengan melakukan sebuah aktivitas yang efisien. Suatu pekerjaan bisa dikatakan efisien jika disini memberikan hasil yang benar namun dilakukan dengan cara yang juga benar dan seminimal mungkin.

Pekerjaan yang efisien adalah sebuah pekerjaan yang lebih memperhatikan tentang proses serta usaha. Artinya disini efisien lebih melihat rasio yang terbaik antara hasil yang nantinya akan diperoleh dengan sumber daya yang dibutuhkan.

3. Cara Peningkatan

Terdapat perbedaan efektif dan efisien di dalam cara untuk meningkatkannya. Dengan melakukan peningkatan pada hasil akhir dibanding dengan hasil sebelumnya maka hal tersebut sudah termasuk dalam meningkatkan efektivitas. Lagu nantinya tidak perlu untuk mempedulikan apakah proses yang diperlukan tersebut meningkatkan hasil atau tidak.

Sedangkan efisiensi bisa ditingkatkan yaitu dengan pelaku berusaha untuk menggunakan usaha yang sama persis seperti usaha sebelumnya atau mempertahankan hasil namun memakai usaha yang lebih kecil jika dibanding cara yang dilakukan sebelumnya.

4. Penerapan

Di dalam mengatur sebuah pekerjaan, efektif dan efisien di sini sangatlah penting. Pekerjaan yang efisien adalah pekerjaan di mana mencari sebuah cara yang terhormat untuk dapat mencapai sebuah tujuan. Hemat yang dimaksud yaitu dimulai dari sumber daya manusia biaya dan juga bahan.

Waktu yang nantinya dibutuhkan untuk dapat mengerjakan suatu pekerjaan agar tetap efektif terbilang cukup singkat namun memerlukan biaya yang lebih tinggi. Hal itu tentu berbeda dengan pekerjaan efisien yang akan memerlukan waktu jauh lebih lama namun bisa untuk menghemat biaya.

Editor terkait:

5. Proses Pengerjaan

Pekerjaan yang dilakukan secara efektif namun tidak efisien akan memperoleh tujuan dengan lebih cepat namun disini tidak akan memerlukan usaha yang besar sedangkan sebuah aktivitas efisien namun dilakukan dengan tidak efektif merupakan upaya yang membutuhkan usaha yang jauh lebih kecil dengan tujuan tercapai.

Dengan mengerti perbedaan efektif dan efisien dari segi proses pengerjaan ini tentu Anda akan jauh lebih mudah dalam membedakan antara keduanya.


Temukan lebih banyak konten terkait dengan Pengetahuan Umum atau konten menarik lain di PPPA

Tinggalkan komentar