Perbedaan Because dan Because Of

Dalam proses belajar Bahasa Inggris terdapat kesulitan tertentu terutama pada kesamaan kata yang digunakan. Salah satu permasalahan bahasa tersebut yaitu Perbedaan Because dan Because Of.

Sebagian orang berfikir bahwa Because dan Because Of ini memiliki makna “Karena” dalam penggunaannya. Setelah dipelajari, ternyata hal tersebut sangat jauh berbeda dari segala konteks kalimat yang tersedia.

Maka dari itu, dibawah ini terdapat beberapa penjelasan agar Anda lebih memahami perbedaan dari keduanya. Anda juga dapat melakukan percakapan Bahasa Inggris dengan benar ketika sedang berada di luar negeri.

4 Perbedaan Because dan Because Of Dalam Sebuah Kalimat Beserta Contohnya

1. Penempatan Kata

Perbedaan Because dan Because Of yang pertama yaitu pada penyimpanan kata. Untuk Because sendiri harus terletak di tengah kalimat dan dilengkapi dengan subjek serta kata kerja di bagian belakangnya. Contohnya yaitu, “I’m sad because he didn’t come to here”. Arti dari kalimat tersebut yaitu “Saya sedih karena dia tidak datang kesini” dimana subjek ditulis setelah Because.

Sedangkan untuk Because Of sendiri merupakan conjuction di dalam sebuah kalimat. Conjuction sendiri adalah preposisi kata yang harus ditulis sebelum kata ganti ataupun kata benda dalam kalimat tersebut. Selain itu Because Of juga dapat bermakna sebagai alasan yang penulisannya ditambah dengan Verb-ing.

Hal ini bisa dilihat dalam sebuah contoh kalimat seperti ini, “Because of feeling hard, Nina didn’t come to the Olympic”. Kalimat tersebut memiliki arti, “Karena merasa susah, Nina tidak datang ke Olimpiade”.

Editor terkait:

2. Perbedaan Arti

Makna yang digunakan dari keduanya juga berbeda dimana kata Because sendiri memiliki arti “Karena” yang sering diletakkan dalam kalimat sederhana. Sebagai contohnya yaitu, “Nia makes a bread because her boyfriend wants it”. Kalimat tersebut memiliki arti, “Nia membuat roti karena pacarnya menginginkan itu”. Kalimat tersebut terdengar seperti kegiatan yang sering dilakukan.

Sedangkan untuk Because Of You memiliki makna khusus dan cukup serius sehingga kata ini akan jarang Anda temukan dalam kalimat Bahasa Inggris sehari-hari. Contoh kalimatnya yaitu “Because Of sick, my mother cannot makes a cake today” dengan arti “Dikarenakan sakit, ibu saya pun tidak dapat membuat kue hari ini”. Ini menandakan bahwa keadaan tersebut tidak terjadi setiap hari.

3. Rumus yang Digunakan

Perbedaan selanjutnya yaitu terlihat dari rumus yang digunakan. Because sendiri menggunakan rumus cukup panjang dalam konteks kalimat yang digunakan. Rumus tersebut yaitu Subjek + Kata Sifat (Verb.) + Klausa Utama + Because + Klausa.

Sedangkan untuk Because Of sendiri memiliki banyak rumus Because Of dengan Noun Phrase, Pronoun, ataupun Verb-ing dalam sebuah konteks kalimat. Jadi, Anda dapat memilih dengan bebas ketiga bagian tersebut setelah dituliskannya kata Because Of.

Editor terkait:

4. Situasi yang Terjadi

Perbedaan yang terakhir dari kata Because dan Because Of ini yakni pada situasi yang sedang terjadi di dalam kalimat tersebut. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, kalimat dengan kata Because memiliki situasi kegiatan sehari-hari yang sering dilakukan. Sedangkan Because Of memiliki situasi khusus dimana subjek tidak pernah mengalami situasi tersebut.

Contoh dari Perbedaan Because dan Because Of ini yaitu, “I’m happy because i got a gift” (Saya bahagia karena mendapatkan sebuah kado). Selanjutnya yaitu, “Because Of the storm, the exam was canceled” (Dikarenakan ada badai, ujian pun dibatalkan). Ini memperlihatkan bahwa kado dapat diperoleh setiap hari, sedangkan badai datang di waktu tertentu saja.


Temukan lebih banyak konten terkait dengan Pengetahuan Umum atau konten menarik lain di PPPA

Tinggalkan komentar