Mengapa Wilayah Indonesia Mendapat Julukan Mega Biodiversity

Indonesia ternyata mendapatkan julukan sebagai negara mega biodiversity. Istilah tersebut disematkan kepada negara yang memiliki keunikan dan keragaman dalam aspek hayati, sehingga menjadi negara yang kaya secara sumber daya alam.

Tidak banyak negara yang mendapatkan julukan tersebut, Indonesia adalah salah satu negara dari 17 negara pemegang julukan mega biodiversity di dunia.

Alasan Indonesia disebut Mega Biodiversity

1. Letak yang Strategis

Indonesia memiliki keuntungan posisi yang strategis dibandingkan dengan negara lain yang ada di dunia. Dengan posisi yang strategis, sumber daya alam yang ada menjadi lebih melimpah, baik hewan, tumbuhan, atau sumber daya non hayati yang lain.

2. Negara Tropis

Indonesia yang dilewati oleh garis khatulistiwa juga menjadi salah faktor yang menyebabkan keragaman hayati di Indonesia tinggi. Garis khatulistiwa akan membuat suatu negara memiliki iklim tropis, iklim ini dianggap sesuai untuk perkembangan berbagai jenis tumbuhan ataupun hewan.

3. Mendapatkan Sinar Matahari

Sinar matahari bisa didapatkan oleh wilayah Indonesia hampir setiap tahun, ini menyebabkan tanaman bisa melakukan fotosintesis dengan baik. Tumbuhan yang menjadi salah satu sumber pangan hewan bisa ditemukan dengan mudah, ini juga membuat hewan hewan herbivora ataupun karnivora dapat hidup berdampingan secara ideal.

4.;Keanekaragaman Hayati yang Melimpah

Keanekaragaman hayati yang ada di Indonesia cukup melimpah, ada banyak flora dan fauna yang bisa ditemukan di hutan, pegunungan, maupun perairan di Indonesia. Sebagai negara kepulauan, ada banyak tumbuhan dan hewan yang bisa ditemukan dan menjadi keanekaragaman hayati endemic disana.

5. Tumbuhan dengan Spesies Terbesar

Di Indonesia ada sekitar 3 ribu jenis tumbuhan yang hidup dan berkembang biak. Dari jumlah tersebut, sekitar 940 tanaman bisa digunakan sebagai obat tradisional ataupun dikonsumsi. Meskipun demikian, hanya sekitar 20 – 22 persen dari total tanaman yang dikembangbiakkan,sisanya bisa didapatkan langsung di hutan dengan mudah.

6. Hewan dari Beragam Spesies

Hewan yang tinggal di Indonesia juga beragam, ada berbagai jenis mamalia yang bisa ditemukan. Beberapa hewan sudah dikembangkan biakkan, biasanya merupakan hewan konsumsi ataupun peliharaan. Sisanya tinggal terisolir di pulau pulau kecil yang ada di lautan, mendorong terbentuknya spesies baru.

7. Satwa Endemik Melimpah

Indonesia memiliki satwa endemic yang lebih besar dibandingkan dengan negara lain. Ada berbagai spesies hewan di Indonesia yang hanya ditemukan di satu tempat saja, menjadi hewan yang dilindungi secara undang undang, sebab termasuk hewan yang langka. Misalnya harimau, gajah dan badak yang spesies tertentunya di Pulau Jawa.

8. Satwa Langka

Selain memiliki hewan endemic, Indonesia juga memiliki satwa langka yang hanya bisa ditemukan secara endemic di satu wilayah saja. Misalnya komodo ataupun anoa yang tidak ditemukan di negara lain. Berbagai hewan tersebut masih bisa dilihat sampai sekarang karena dikembangbiakkan secara baik oleh pemerintah.

9. Dilewati Banyak Lempeng Tektonik

Indonesia juga dilewati oleh banyak lempeng tektonik, di satu sisi, keberadaan lempeng tektonik ini memang membuat Indonesia berada di lokasi yang rawan bencana. Gempa dan gunung meletus kerap terjadi di beberapa wilayah. Namun ini juga memberikan lahan yang subur dari mineral yang keluar dari gunung.

10. Wilayah yang Terjaga

Di beberapa wilayah, Indonesia masih memiliki ekosistem yang baik. Ini terlihat dengan masih hidupnya banyak hewan endemic di beberapa pulau terpencil. Pemerintah sekarang juga lebih terbuka untuk menjaga spesies hewan langka yang hampir punah.

Temukan lebih banyak konten terkait dengan Pendidikan atau konten menarik lain di PPPA

facebook
Twitter
Follow

Tinggalkan komentar