Mengapa Ular Piton Mempunyai Waktu Tidur Paling Lama

Siapa sih yang tidak tahu ular piton. Ular ini sangat terkenal berkat coraknya yang khas. Apalagi ukuran satwa ini mampu mencapai panjang hingga 3 meter.

Bisa dibayangkan betapa besar hewan ini mampu tumbuh. Tapi tahukah Anda bahwa satwa langka ini ternyata mempunyai waktu tidur yang sangat lama. Menjadikannya sebagai salah hewan terlama dalam tidur.

Alasan Ular Piton Mempunyai Waktu Tidur Paling Lama

1. Membantu memproses pencernaan makanan

Alasan ular piton mampu terlelap lama cukup menarik untuk di perhatikan. Satwa ini sengaja tidur dengan jangka waktu lama dengan tujuan untuk memproses makanan. Perlu diketahui bahwa dengan ukuran yang besar, piton mampu memakan hewan yang besar pula. Tidak salah bila butuh waktu yang lama dalam proses mencerna makanan di tubuhnya.

2. Berat piton membuat susah bergerak

Alasan lain ular piton memiliki waktu tidur lama masih terkait dengan konsumsi makananya. Predator ini mampu melahap mangsa yang besar. Tak jarang ditemui piton dengan badan membuncit setelah memakan mangsa. Maka dari itu membuat satwa ini susah untuk bergerak. Oleh karena itu, tidur panjang menjadi susah dalam bergerak.

3. Istirahat setelah melahap mangsa

Perlu diketahui bahwa ular piton ini membutuhkan perjuangan dalam melahap mangsanya. Apalagi satwa ini dikenal tidak berbisa sehingga mangsa tidak bisa selesai dalam sekali serang terutama jika berukuran besar. Cara piton membunuh mangsanya yakni dengan melilit seluruh tubuh mangsanya hingga hancur. Tak pelak hal tersebut membuatnya perlu beristirahat.

4. Kehilangan energi

Ular piton dikenal memiliki waktu tidur yang lama. Hal tersebut bukan tanpa alasan melainkan satwa ini benar-benar membutuhkan waktu beristirahat yang lama. Mengingat cara memangsa piton yang menguras banyak energi. Kerap ditemui ular ini melahap mangsa yang lebih besar dari tubuhnya. Butuh waktu lama dalam melilit mangsa hingga benar-benar mati. Tak ayal energi yang dikeluarkan pun begitu besar.

5. Ganti Kulit

Waktu tidur lama ular piton tidak hanya terkait dari caranya dalam mengonsumsi mangsa. Sebab ada pula alasan lain yang membuatnya memilih bersembunyi di sarang. Misalnya ketika masa satwa ini mengalami ganti kulit. Merupakan sesuatu yang wajar ketika ular mengelupaskan kulit lama ke kulit yang baru. Proses ini tidaklah sebentar apalagi ukuran piton dikenal panjang dan besar.

6. Hibernasi

Hibernasi dilakukan setiap hewan seperti piton dengan tujuan untuk menghemat energi. Kesadaran akan penurunan pergerakan serta tenaga yang sudah terkuras membuat satwa ini memilih perlu untuk istirahat. Maka dari itu hibernasi menjadi pilihan sembari menunggu energi terisi.

7. Melindungi diri

Tujuan lamanya ular piton juga terkait menjadi caranya untuk melindungi diri dari cuaca ekstrim yang terjadi. Misalnya ketika sedang musim dingin yang mana sulit untuk mencari mangsa. Tak ayal pada musim inilah kerap menjadi pilihan satwa ini untuk lama dalam beristirahat.

facebook
Twitter
Follow

Tinggalkan komentar