Mengapa Titanic Bisa Tenggelam

Tanggal 15 April 1912 menjadi hari paling mengenaskan sepanjang sejarah transportasi laut di dunia karena pada tanggal itu Kapal penumpang Titanic tenggelam di Samudra Atlantik Utara.

Begitu terkenalnya berita ini sampai dibuatkan sebuah sinema layar lebar. Mengapa kabar megah itu bisa tenggelam di pelayaran perdananya?

Alasan Titanic Bisa Tenggelam

1. Menabrak gunung es

Berita yang beredar mengenai tenggelamnya Kapal Titanic, karena kapal ini menabrak gunung es yang menyebabkan kapal patah menjadi dua bagian. Akibat menabrak gunung es, pelat lambung kapal melengkung ke dalam pada sisi kanan kapal. Hal tersebut mengoyak 5 dari 16 kompartemen kedap air di kapal.

2. Berlayar dengan kecepatan tinggi

Captain EJ Smith nahkoda Titanic melajukan kapal dengan kecepatan tinggi yaitu 22 not. Ada yang berpendapat bahwa Kapten Smith melajukan kepala dengan kecepatan tinggi untuk memperbaiki waktu penyeberangan dari kapal sebelumnya yaitu Olympic. Pada tahun 2004, insinyur Robert Essenhigh menyampaikan pendapatnya bahwa kecepatan kapal itu guna mengendalikan api di salah satu bunker batubara kapal.

3. Cuaca yang sedang tidak bersahabat

Kondisi cuaca saat itu sedang hangat membuat bongkahan gunung es mencair dan hanyut ke lautan sampai masuk ke jalur pelayaran kapal. Hal ini diperoleh pada 14 April 1912 malam hari, ada sebuah kapal yang berlayar dari alur yang sama dengan Titanic sempat memberikan kabar lewat radio tentang adanya hanyutan gunung es di alur pelayaran. Namun, hal tersebut tidak dihiraukan oleh kru kapal.

4. Ditemukan bekas hitam dengan panjang 9 meter di lambung kapal

Setelah tenggelamnya Kapal Titanic, Jurnalis Senan Molony mendapatkan fakta adanya bekas hitam gelap sepanjang 9 meter di bagian depan lambung kapal. Temuan ini didapat dari foto yang telah diambil sebelum Titanic berangkat berlayar pada tahun 1912. Ia mengatakan ada api yang membakar tanpa disadari membuat semua logam di sekelilingnya melemah.

5. Kunci loker tempat penyimpanan teropong tidak bisa ditemukan.

Tenggelamnya kapal Titanic dianggap sebagai kelalaian awak kapal. Karena pada saat berlayar awal kapal yang bertugas untuk mengintai yaitu Reginald Lee dan Frederick Fleet tidak bisa membuka loker yang berisi teropong binokular. Teropong ini sebenarnya bisa digunakan untuk mengamati objek yang jaraknya sangat jauh. Baru pada tahun 2010 diketahui bahwa petugas yang membawa kunci tersebut lupa memberikan kunci loker.

6. Kekurangan sekoci dan prosedur darurat yang memadai

Tenggelamnya Kapal Titanic yang menewaskan sekitar 1.500 orang akibat tenggelam dan mati beku di perairan Atlantik Utara ini oleh para ahli sebenarnya bisa diminimalisir dengan adanya sekoci yang memadai. Namun Titanic hanya membawa 20 sekoci. Selain itu kurangnya prosedur darurat juga memperparah kondisi evakuasi penumpang.

7. Faktor alam

Studi penelitian yang dilakukan memaparkan alasan lain tenggelamnya Kapal Titanic. Faktor alam penyebab awak kapal tidak melihat gunung es adalah kondisi atmosfer di malam bencana terjadi menimbulkan fenomena yang disebut super refraksi yaitu penekukan cahaya yang dapat menciptakan adanya fatamorgana, atau ilusi optik.

facebook
Twitter
Follow

Tinggalkan komentar