Mengapa Thailand tidak Pernah Dijajah

Thailand mendapatkan julukan negara yang tidak pernah dijajah, benarkah demikian? Ternyata selama berdirinya negara ini, Thailand memang tidak pernah dijajah, bahkan oleh Jepang atau Inggris. Berikut ini adalah alasan kenapa tidak ada negara yang ingin menjajah Thailand.

Alasan Thailand Tidak Dijajah

1. Buffer State

Hal yang membuat Thailand tidak terjajah pertama adalah buffer state, buffer state merupakan pemisah antara negate. Negara di sekeliling Thailand kebanyakan merupakan negara yang didalamnya memiliki dua kekuatan besar, sehingga mudah diadu domba oleh penjajah.

2. Kebijakan Raja Chulangkon

Berikutnya adalah kesadaran Raja Chulangkorn mengenai kondisi Thailand. Karena tidak ingin negaranya dijajah, raja Thailand ini kemudian melakukan diplomasi kepada Perancis dan Inggris, dua negara ini memang dulunya suka menjajah negara lain.

Dalam diplomasi tersebut, dibuat bahwa Siam, nama negara Thailand dulu dijadikan sebagai negara buffer state antara Perancis dan Inggris. Perjanjian tersebut ditandatangani pada 1986 dan berlaku dalam jangka waktu yang lama, sehingga membuat negara tersebut tidak terjajah.

3. Modernisasi Gaya Hidup

Gaya hidup yang dimiliki masyarakat Thailand juga berbeda dengan kebanyakan gaya hidup masyarakat Asia Tenggara pada umumnya. Mereka melakukan modernisasi di banyak aspek, terutama dalam segi pendidikan. Pendidikan yang digunakan Thailand pada saat itu merupakan adopsi pendidikan Eropa.

4. Pembuatan Proyek Peta

Masih karena kebijakan Raja Chulangkorn, Thailand tidak dijajah oleh negara lain. Raja ini tahu nantinya bangsa Eropa akan memecah belah kekuasaannya dengan mengadu domba orang-orang agar berkonflik merebutkan wilayah. Untuk menghindari hal tersebut, raja memerintahkan proyek pembuatan peta untuk pembatasan wilayah.

5. Mengubah Tata Kota

Raja Chulangkorn tidak ingin negaranya terlihat terbelakang seperti negara lainnya di Asia. Karena itu, ia memerintahkan masyarakat untuk belajar Bahasa Inggris, bahasa ini juga diajarkan di banyak sekolah setempat dan anggota kerajaan wajib mempelajarinya.

Selain bahasa Inggris, masyarakat juga diajarkan topografi dan geografi. Arsitek di Thailand juga diminta untuk membuat banyak bangunan bergaya Eropa. Dengan begitu, penjajah tidak merasa bahwa kota Thailand terbelakang dari segi pendidikan atau tata kota.

6. Sistem Pemerintahan

Alasan lain yang membuat Thailand tidak dijajah oleh negara lain adalah sistem pemerintahan yang ada. Sistem pemerintahan ini dikenal dengan sebutan pemerintahan Mandala. Dalam sistem pemerintahan tersebut, tentara diletakkan di luar wilayah untuk menghadang tentara penjajah. Kekuatannya memang tidak seimbang, tapi ini memudahkannya untuk mengatur pimpinan lokal.

7. Perjanjian Browing

Alasan terakhir Thailand tidak dijajah adalah Perjanjian Browing. Dalam perjanjian ini, Thailand tidak wajib membayarkan pajak perdagangan luar negeri. Meskipun perjanjian ini merugikan Siam, namun membuatnya tidak dijajah oleh Inggris. Dengan tidak membayar pajak, Siam terintegrasi dengan sistem ekonomi dunia.

facebook
Twitter
Follow

Tinggalkan komentar