Mengapa Thailand Disebut sebagai Negara Lumbung Padi

Thailand termasuk salah satu negara di ASEAN yang sangat populer karena produksi padinya yang begitu besar.

Bahkan, Indonesia pun seringkali mengimpor beras dari negara tersebut meskipun kita masih memiliki produksi beras yang melimpah. Sebenarnya, apakah yang membuat Thailand disebut sebagai lumbung padi di dunia?

7 Alasan Thailand Dijuluki Negara Lumbung Padi

1. Termasuk Negara Agraris

Alasan yang pertama yakni karena Thailand termasuk ke dalam negara yang bentuknya agraris. Jumlah petak sawah yang ada di negara ini cukup luas sehingga masyarakat lokal di sana pun memanfaatkannya untuk menanam padi dalam jumlah yang banyak. Bentuk tanahnya yang subur pun membuat padi tersebut bisa berkembang biak dengan baik.

2. Hasil Simpanan Panen yang Banyak

Ketika musim panen sudah tiba, maka petani yang ada di Thailand akan berusaha untuk mengumpulkannya dan mengirimkan beberapa untuk dijual. Mereka akan menyimpan padi yang tidak dijual ke dalam suatu tempat yang cukup sehingga ketika ingin menggunakan padi tersebut untuk kehidupan sehari-hari, mereka pastinya tidak akan pernah merasa kesulitan lagi.

3. Tingkat Produksi Beras yang Sangat Tinggi

Petani yang ada di Thailand telah berusaha sekeras mungkin untuk memproduksi beras dalam jumlah yang begitu banyak. Setiap tahunnya, jumlah produksi padi Thailand akan selalu naik sehingga hal ini memiliki arti bahwa petani telah mengerahkan segala daya yang dimiliki untuk menghasilkan padi yang melimpah.

4.Cuaca yang Mendukung

Karena berada di iklim tropis seperti Indonesia, maka Thailand dapat mengembangbiakkan padi tanpa mengalami terlalu banyak kesulitan. Meskipun terkadang akan ada masa dimana hujan deras turun dengan intensitas tinggi, namun hal itu tidak menghalangi padi yang ada di sana untuk selalu tumbuh.

5. Produsen Padi Terbesar di ASEAN

Di Asia Tenggara sendiri, Thailand merupakan negara dengan produksi padi terbesar mengalahkan negara-negara lainnya seperti Vietnam ataupun Indonesia. Hal itu merupakan titel yang patut untuk mereka pegang karena mereka memang menghasilkan padi yang tidak bisa dihitung jumlahnya.

6. Kualitas Padi yang Terjamin

Padi yang mereka produksi tidak hanya banyak, namun juga berkualitas. Karena itu, banyak negara di dunia yang berlomba-lomba untuk menggunakan padi mereka karena memang rasanya yang mantap dan sangat bersih.

7. Memperoleh Dukungan Penuh dari Pemerintah

Petani yang ada di Thailand telah mendapatkan dukungan penuh dari pemerintah mereka. Sehingga ketika ada gangguan tertentu seperti hama padi yang menyebalkan mereka bisa mengatasinya dengan lebih mudah.

Karena itulah maka tidak mengherankan apabila Thailand memperoleh gelar sebagai lumbung padi di dunia. Indonesia sebenarnya juga bisa berusaha untuk menjadi seperti Thailand asalkan proses produksinya didukung penuh oleh pemerintah pusat.

facebook
Twitter
Follow

Tinggalkan komentar