Mengapa Thailand Dijuluki Negara Gajah Putih

Thailand memang sering dikenal sebagai negara gajah putih karena beberapa hal. Satwa ini dijadikan sebagai budaya dan tradisi masyarakat sejak zaman dahulu.

Tak hanya itu, gajah putih juga diyakini mempunyai simbol kejayaan yang dipercaya oleh kerajaan di Thailand. Tidak heran jika satwa tersebut mendapat perlindungan khusus untuk melatih perilaku gajah supaya lebih baik.

Alasan Thailand Dijuluki Negara Gajah Putih

1. Festival Gajah

Pada hari tertentu di Negara Thailand mengadakan festival untuk menghormati gajah putih. Selain itu festival juga berfungsi sebagai ungkapan terima kasih karena gajah sudah membantu masyarakat. Festival ini berupa parade dan pertunjukan besar yang dilakukan oleh ratusan gajah. Anda yang melihat pertunjukan tersebut akan terkesima dengan atraksi gajah putih yang lucu dan unik.

2. Tradisi

Masyarakat Thailand sebagian besar adalah mayoritas umat Hindu dan Buddha. Gajah putih sebagai lambang tradisi Buddha yang memiliki peran penting sejak zaman dahulu. Konon sebelum Buddha tersebar luas di Thailand, Ratu Maya bermimpi mendapatkan bunga teratai dari gajah putih. Mimpi ini memiliki arti bahwa ratu tersebut akan melahirkan anak yang memimpin kerajaan Thailand.

3. Gajah Keberuntungan

Orang Thailand percaya bahwa gajah putih bisa mendatangkan keberuntungan untuk kehidupan. Gajah yang ada disana merupakan satwa pilihan yang dirawat oleh keluarga kerajaan. Namun, tidak semua gajah liar bisa masuk ke dalam kerajaan karena harus memenuhi kriteria. Gajah yang memiliki bulu mata, perilaku, dan reproduksi yang baik dapat digolongkan simbol keberuntungan.

4. Makna Gajah

Gajah putih yang ada di Thailand diketahui memiliki makna tersendiri. Satwa ini diyakini melambangkan kebijaksanaan, kemakmuran, kesuksesan, serta kekayaan Negara Thailand. Sejak zaman dahulu kala gajah putih sudah dipuja oleh semua penduduk karena makna tersebut. Sampai saat ini gajah putih dilindungi di tempat khusus untuk melestarikannya.

5. Budaya

Budaya yang ada di Thailand sangat banyak termasuk pemujaan gajah putih. Masyarakat yang ada disana sering melakukan ritual dan kegiatan tertentu untuk menghormati satwa tersebut. Budaya ini sudah ada sejak zaman nenek moyang, jadi tidak heran jika masih ada sampai sekarang.

6. Manfaat Gajah

Sejak dahulu gajah putih memiliki peran penting dalam membantu aktivitas masyarakat sehari-hari. Gajah ini pernah digunakan untuk kendaraan waktu perang. Selain itu gajah putih juga sering dimanfaatkan untuk mengangkut kayu jati yang diambil dari hutan. Hal ini tentu meringankan aktivitas masyarakat di Thailand.

7. Tempat Pariwisata

Tempat pariwisata yang ada di Thailand banyak yang menggunakan simbol gajah putih. Terdapat patung gajah yang melambangkan bahwa satwa tersebut sangat dipuja. Beberapa wisata memang tidak mempunyai satwa gajah asli karena hanya replika patung saja yang sering ditemui.

facebook
Twitter
Follow

Tinggalkan komentar