Mengapa Tanggal 2 Mei Diperingati Hari Pendidikan Nasional

Hari Pendidikan Nasional jatuh pada tanggal 2 Mei. Tak ayal pada tanggal tersebut selalu di peringati hari yang bersejarah bagi negara ini. Namun tahukah Anda alasan di pilihnya tanggal dan bulan tersebut?

Berbicara soal penetapan Hardiknas tak terlepas dari pahlawan pendidikan Indonesia yakni Ki Hajar Dewantara. Berkat perjuangan beliau kini Anda dapat menikmati pendidikan dengan bebas.

Makna dan Alasan Penetapan Hari Pendidikan Nasional

1. Sejarah pemilihan tanggal 2 Mei

Penetapan tanggal 2 Mei tidak begitu saja di pilih. Sebab ada pertimbangan kuat mengenai itu. Pada tanggal tersebut di ambil karena bertepatan pada tanggal lahir Ki Hajar Dewantara. Tokoh penting pendidikan Indonesia ini lahir pada tanggal 22 Mei pada tahun 1889 di Pakualam. Berkat jasa Ki Hajar,  sistem pendidikan saat ini lebih maju di banding jaman dahulu yang mana hanya orang tertentu yang boleh sekolah.

2. Untuk mengenang jasa Ki Hajar Dewantara.

Penetapan tanggal Hari Pendidikan Nasional juga dikenal untuk mengenang jasa Ki Hajar Dewantara. Bapak Pendidikan ini begitu mengabdi dalam memperjuangkan pendidikan di nusantara. Mengingat di jaman kolonial, pendidikan sangat mahal. Jadi tidak semua orang dapat memperoleh. Tokoh penting ini juga kerap menulis kritikan tajam ke pemerintah hingga beberapa kali terpaksa harus dijebloskan ke penjara.

3. Belajar tidak hanya demi nilai bagus

Ada banyak makna dari Hari Pendidikan Nasional. Salah satunya yakni menyadarkan setiap siswa untuk belajar dengan giat. Perlu diketahui bahwa tujuan belajar bukan hanya sekedar mendapatkan nilai Bagus. Tujuan demikian terbilang salah kaprah. Sebab pendidikan lebih dari itu. Pendidikan yang tinggi juga memberikan manfaat agar Anda terhindar dari perilaku menyimpang yang bisa merugikan sesama.

4. Mencontoh semangat Ki Hajar Dewantara dalam mencerdaskan bangsa

Momen pendidikan Nasional ada baiknya menjadi pengingat teladan yang baik untuk Anda. Semangat juang Ki Hajar Dewantara dalam mencerdaskan bangsa layak untuk ditiru. Pendidikan merupakan sesuatu yang sangat penting. Setiap orang layak mendapatkannya demi bisa memperoleh kehidupan yang lebih baik. Pendidikan patut di dapatkan semua orang tanpa terkecuali.

5. Mengerti seberapa pentingnya pendidikan

Makna Hardiknas sangatlah penting untuk di perhatikan. Sebab melalui pendidikan tinggi maka kehidupan masyarakat dapat berubah. Artinya pemikiran serta ilmu pun makin tinggi. Keadaan demikian dapat mendorong untuk terciptanya masa depan yang lebih baik.

6. Belajar tidak hanya di sekolah saja. Tri Sentra Pendidikan. keluarga, sekolah, masyarakat

Apa yang harus Anda tahu ialah pendidikan tidak hanya di dapat dari sekolah saja. Ki Hajar pernah berkata dalam Tri Sentra Pendidikan yakni pendidikan dapat di terima di tiga tempat. Tempat tersebut meliputi keluarga, sekolah,  dan masyarakat. Maka dari itu belajarlah di mana pun kondisi Anda.

7. Berpendidikan untuk mengubah masa depan

Tidak dapat di pungkiri bahwa saat ini pendidikan memiliki peranan yang penting. Anda dapat mengubah nasib serta keadaan melalui sebanyak-banyaknya ilmu yang di dapat. Baik itu ilmu yang di dapat dari sekolah, rumah ataupun lingkungan tempat tinggal.

facebook
Twitter
Follow

Tinggalkan komentar

Close