Mengapa Singapura Menjadi Pusat Pelabuhan Jalur Lalu Lintas Dunia

Singapura merupakan sebuah negara yang berada di ujung Benua Asia. Negara yang masuk kategori salah satu negara maju di Benua Asia ini memiliki banyak sekali produksi yang sudah diakui dunia.

Salah satu hal yang diakui oleh dunia adalah Singapura dijadikan sebagai pusat pelabuhan dari jalur lintas dunia. Berikut mari kita bahas beberapa alasan kenapa Singapura bisa dijadikan pusat dari jalur lintas dunia.

7 Alasan Kenapa Singapura Menjadi Pusat Pelabuhan Jalur Lalu Lintas Dunia

1. Lokasi Singapura

Negara yang juga dikenal dengan sebutan negeri singa ini berada di ujung Benua Asia yang berbatasan langsung dengan beberapa negara. Bahkan untuk melakukan pelayaran dari beberapa negara di Benua Asia dengan negara-negara lainnya di seluruh dunia harus melewati Singapura, hal inilah yang menjadikan negara kecil ini bisa dijadikan pelabuhan jalur lalu lintas dunia yang sempurna.

2. Faktor Negara Maju

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya bahwa Singapura adalah sebuah negara maju di Benua Asia. Tentunya dengan gelar negara maju tersebut membuat pembangunan infrastrukturnya juga sangat modern, hal inilah yang menjadikan pelabuhan kapal yang ada di Singapura menjadi sangat maju dan modern sehingga banyak kapal yang tidak perlu cemas jika hendak berlabuh di negara yang berada di ujung Benua Asia tersebut.

3. Fasilitas Pelabuhan

Pada poin sebelumnya kita sudah sedikit membahas mengenai faktor negara maju yang membuat pembangunan infrastruktur di Singapura menjadi sangat modern. Dimana salah satunya adalah pelabuhan, di pelabuhan milik Singapura juga tersedia banyak sekali fasilitas memadai seperti alat berat yang siap untuk membantu pembongkaran barang-barang yang dibawa oleh kapal-kapal besar. Selain itu ada juga kontainer yang selalu disediakan jika dibutuhkan oleh kapal-kapal yang berlabuh.

4. Impor

Salah satu alasan kenapa Singapura menjadi salah satu negara pusat pelabuhan jalur lalu lintas dunia karena negara dengan ikon air mancur singa ini sering melakukan impor beberapa barang. Kebanyakan hasil pertanian yang sering diimpor oleh Singapura karena negara maju tersebut memiliki wilayah yang terlalu kecil sehingga membutuhkan beberapa tambahan impor bahan pangan.

5. Ekspor

Selain impor jelas Singapura juga melakukan ekspor beberapa produk mereka, untuk mendapatkan keuntungan. Barang atau produk yang sering diekspor oleh Singapura adalah barang-barang pabrik seperti barang elektronik dan beberapa barang hasil pabrik lainnya. Dengan impor dan ekspor yang dijalankan oleh Singapura membuat negara kecil ini sangat sering dikunjungi oleh kapal-kapal dan menjadikannya pusat pelabuhan jalur lalu lintas dunia.

6. Memiliki Banyak Pabrik dan Perusahaan Besar

Singapura merupakan satu-satunya negara maju yang ada di Asia Tenggara dan menjadi salah satu dari 6 negara maju yang ada di Benua Asia. Hal ini membuat banyak sekali pabrik dan perusahaan besar yang berlokasi di negeri singa tersebut. Dengan adanya pabrik dan perusahaan besar tersebut jelas membuat negeri yang berada di ujung Benua Asia ini harus sering-sering melakukan pengiriman produk keluar negeri dan menjadikan kapal sebagai sarana transportasi (kurir) untuk produk mereka.

7. Memiliki Hubungan Antar Negara yang Baik

Alasan terakhir kenapa Singapura menjadi pusat pelabuhan jalur lalu lintas dunia dikarenakan negeri dengan mayoritas penduduknya beragama Budha ini memiliki hubungan antar negara dengan negara-negara lain di dunia yang sangat baik. Hal tersebut membuat semua negara yang memiliki kapal yang berlayar di perairan dunia memperbolehkan kapal mereka untuk berlabuh ke Singapura tanpa takut terkena masalah politik dan lain-lain.

Temukan lebih banyak konten terkait dengan Pendidikan atau konten menarik lain di PPPA

facebook
Twitter
Follow

Tinggalkan komentar