Mengapa Sifat Kerjasama Telah Lama Berakar dalam Budaya Masyarakat Indonesia

Salah satu contoh sikap yang patut untuk tetap dijaga yaitu semangat saling kerjasama. Budaya kerjasama ini telah mengakar kuat serta menjadi bagian penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Bahkan dalam sejarah panjang Negara Indonesia, kerjasama sangatlah memiliki peranan yang penting. Anda yang merasa penasaran mengapa kerja sama telah mengakar dalam budaya Indonesia sejak lama, maka berikut ini akan jelas mengenai alasan-alasannya.

Mengapa Kerjasama Telah Lama Mengakar Kuat di Bangsa Indonesia?

1. Warga Negara Indonesia Sudah Terbiasa Melakukan Musyawarah

Salah satu bentuk dari kerjasama yang sangatlah di anjurkan oleh Agama Islam yaitu musyawarah. Musyawarah itu sendiri merupakan salah satu bentuk kerjasama yang dapat dilakukan untuk memperoleh kata mufakat. Kebiasaan dari musyawarah dalam masyarakat Indonesia telah menjadi inspirasi dari sila ketiga Pancasila.

2. Masyarakat Tahu Betul Mengenai Manfaat dari Kerjasama

Masyarakat Indonesia telah lama memahami manfaat dari adanya kerjasama tersebut. Manfaatnya sendiri bisa dirasakan dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Dengan melakukan kerjasama, maka tujuan, cita-cita, target dan keuntungan yang diharapkan bisa jadi lebih cepat terwujud.

Selain itu dengan kerjasama akan membiasakan sikap untuk saling menghormati dan menjaga persatuan antara satu sama lain. Dengan kerjasama pula maka tugas yang dikerjakan nantinya akan lebih cepat dan lebih mudah untuk diselesaikan.

3. Kerjasama Diajarkan Dari Sejak Kecil

Dari sejak kecil masyarakat Indonesia sudah terbiasa dilatih bekerjasama. Orang tua selalu mendidik agar anak-anak mereka senantiasa selalu bekerja sama. Seorang kakak yang akan diminta membantu adiknya begitu pula sebaliknya. Sehingga hal tersebut menjadi kebiasaan bahkan ketika mereka telah dewasa.

4. Masyarakat Indonesia Sangat Mementingkan Kebersamaan

Dengan adanya kerjasama juga akan menumpuk rasa persaudaraan yang jauh lebih akrab dan kuat, serta dapat melatih diri agar bisa menjadi pribadi yang mampu menghargai usaha dan pikiran dari orang lain. Sehingga dengan begitu Bangsa Indonesia akan menjadi negara yang penuh dengan persatuan dan kesatuan.

5. Kerjasama Diajarkan dalam Islam

Seperti yang telah diketahui bersama, bahwa mayoritas penduduk Indonesia merupakan penganut dari ajaran Agama Islam. Oleh karena itulah, tidak heran jika masyarakat Indonesia akan mengikuti semua anjuran-anjuran yang diperlakukan oleh Agama Islam.

Di dalam agama sendiri, sangat dianjurkan pada kita bahwa harus saling peduli dan juga menghargai terhadap lingkungan sosial, salah satunya yaitu dengan cara bekerja sama.

Di dalam surat AL-Maidah ayat 2 menyerukan pada manusia untuk saling tolong-menolong dalam bertakwa kepada Allah dan juga dalam melakukan kebaikan. Tolong-menolong di sini bisa juga ditafsirkan dengan saling bekerja sama antar satu sama lain.

6. Diperkuat oleh Budaya

Masyarakat Indonesia mempunyai budaya yang terbilang cukup unik jika dibandingkan dengan negara-negara lain. Budaya itulah yang akhirnya mempertemukan serta merapatkan jalinan persaudaraan antar sesama dengan melakukan kerjasama. Salah satu contoh budaya yaitu melakukan musyawarah, kerja bakti dan lain sebagainya yang melibatkan banyak orang.

Anda akan sering melihat masyarakat Indonesia bahu-membahu bekerja bersama-sama dalam membersihkan selokan di lingkungan desa mereka, kerjasama dalam membuat umbul-umbul ketika lomba 17 Agustus dan lain sebagainya. Kegiatan-kegiatan tersebut memang seringkali dilakukan, sehingga semakin memupuk rasa solidaritas dan semangat untuk saling bekerja sama.

7. Lingkungan Kerja Sangat Membutuhkan Kerjasama Tim

Kerjasama juga dibutuhkan tidak hanya di lingkungan sosial saja, melainkan juga dalam lingkup kerja. Oleh karena itulah, mau tidak mau setiap orang yang terjun di dalam dunia wirausaha atau dunia kerja, harus mampu untuk kerjasama dengan tim kerja mereka.

Maka dari itu, tidak mengherankan jika budaya kerjasama mengakar kuat dari sejak dulu bagi masyarakat Indonesia. Semangat kerjasama tersebut tidak bisa dihilangkan serta merta. Dan akan diwariskan dari satu generasi ke generasi berikutnya.

Temukan lebih banyak konten terkait dengan Pendidikan atau konten menarik lain di PPPA

facebook
Twitter
Follow

Tinggalkan komentar