Mengapa Setiap Tim Sepak Bola Disebut Kesebelasan

Sepak bola masuk dalam jenis permainan olahraga bola besar yang begitu populer dj seluruh penjuru dunia. Berbagai ajang pertandingan diselenggarakan setiap tahunnya demi memuaskan keinginan pencinta sepak bola untuk melihat tim kesebelasannya bertanding. Jumlah pemain sepak bola ada 11 orang dan sering disebut dengan kesebelasan. Mengapa begitu?

Alasan Setiap Tim Sepak Bola Disebut Kesebelasan

1. Tim sepak bola berjumlah 11 orang

Alasan utama mengapa tim sepak bola disebut kesebelasan karena jumlah pemain dalam satu tim berjumlah 11 orang. Hal ini berdasarkan ketentuan atau peraturan dari FIFA sebagai Asosiasi sepak bola dunia yang sudah diakui secara global. Jadi total pemain yang bertanding ada 22 orang.

2. Sejarah jumlah pemain sepak bola ada 11 orang

Cikal bakal sejarah pemain sepak bola bermula dari penjuru Inggris di abad ke-18. Dimana pada saat itu setiap tim yang bermain berjumlah 15-21 orang dengan ketentuan permainan bisa berjalan apabila kedua tim memiliki jumlah pemain yang sama. Baru di tahun 1863 oleh sekelompok mahasiswa dari Universitas Cambridge di Inggris membuat peraturan mengenai jumlah pemain 11 orang yang kemudian ditetapkan oleh Asosiasi Sepak Bola Inggris menjadi suatu peraturan.

3. Ukuran lapangan jadi patokan peraturan jumlah pemain

Dasar aturan pemain berjumlah 11 orang pada permainan sepak bola ditinjau dari ukuran lapangan bola yaitu panjang 90-120 meter dengan lebar 45-90 meter, dengan ukuran lapangan itu membuat pergerakan pemain yang berjumlah 11 orang dengan total pemain ada 22 orang menjadi lebih leluasa.

4. Efisiensi permainan

Nama kesebelasan memang didapatkan tim sepak bola dari jumlah pemainnya ketika bertanding ada 11 orang. Pertanyaannya mengapa hanya 11 orang? Ternyata dengan jumlah pemain 11 orang bertujuan untuk memperlihatkan permainan sepak bola yang menarik. Kondisi lapangan dan posisi pemain jadi tidak terlalu sempit namun juga tidak terlalu jauh. Sehingga pemain jadi tidak mudah lelah dan penting supaya tidak malas bergerak.

5. Pertandingan masih bisa berlanjut meski tim tidak berjumlah 11

Merujuk pada peraturan FIFA ditekankan bahwa dalam pertandingan apabila satu tim memiliki jumlah pemain kurang dari 11 pertandingan masih bisa dilakukan atau dilanjutkan. Kondisi kekurangan pemain ini merupakan kondisi khusus apabila dalam regu banyak pemain yang cedera dan faktor lainnya. Jumlah minimal pemain untuk bisa melanjutkan atau memulai pertandingan ini adalah 7 orang.

6. Kesebelasan berfungsi untuk menjalankan strategi permainan

Setiap pertandingan olahraga tim atau regu tentu ada yang namanya strategi yang sengaja dirancang guna memenangkan pertandingan. Dalam pertandingan sepak bola pelatih akan membuat strategi yang akan dijalankan oleh masing-masing pemain kesebelasan.

7. Kesebelasan mengisi posisi pemain

Posisi pemain dalam pertandingan sepak bola antara lain kiper atau penjaga gawang, bek pertahanan, gelandang dan juga penyerahan. Setiap posisi memiliki tugas yang berbeda. Kesebelasan dalam pertandingan sepak bola mengisi posisi pemain ini. Satu orang sebagai kiper dan sisinya diatur oleh strategi dari tim dan pelatih.

facebook
Twitter
Follow

Tinggalkan komentar