Mengapa Setiap Tanggal 28 Oktober Diperingati Sebagai Hari Sumpah Pemuda

Sumpah pemuda menjadi momentum yang selalu diperingati setiap 28 Oktober karena memiliki sejarah penting. Pidato sumpah pemuda ini juga berisi tentang kebanggaan terhadap tanah air.

Hal itulah yang membuat sumpah pemuda tidak boleh dilupakan dan harus diterapkan oleh semua orang. Namun ada juga alasan lain yang menjadikan tanggal 28 Oktober diperingati sumpah pemuda.

Alasan Setiap Tanggal 28 Oktober Diperingati Sebagai Hari Sumpah Pemuda

1. Kongres Pemuda

Kongres pemuda pernah diadakan oleh perhimpunan pelajar Indonesia. Tujuan kongres ini untuk mempersatukan seluruh pemuda dari Sabang sampai Merauke. Selain itu, kongres juga diadakan sebanyak 3 kali untuk mendapatkan hasil dan persetujuan. Saat kongres ketiga itulah menghasilkan pidato yang sering disebut sebagai sumpah pemuda yang selalu diperingati setiap 28 Oktober.

2. Hasil Pidato

Hasil pidato yang dibentuk saat kongres ketiga dikenal dengan sumpah pemuda. Terdapat 3 poin penting dari pidato tersebut yang bertujuan untuk mempersatukan pemuda bangsa. Tak hanya itu pidato ini juga berisi kebanggaan pemuda terhadap tanah air. Pidato itulah yang dikenang sampai sekarang dan sering dibacakan pada saat peringatan sumpah pemuda.

3. Tonggak Persatuan

Pada tanggal 28 Oktober pernah diadakan kongres untuk mempersatukan seluruh pemuda. Hal tersebut bertujuan agar semua pemuda bisa saling menghargai suku, budaya, dan agama. Perbedaan yang ada ini menjadi tonggak persatuan yang dimuat dalam teks sumpah pemuda.

4. Simbol Bangsa

Setiap negara pasti memiliki simbol pemersatu yang berbeda-beda. Bangsa Indonesia dikenal mempunyai simbol sumpah pemuda yang berperan penting menyatukan perbedaan. Simbol ini harus diterapkan oleh semua orang agar perbedaan yang ada bisa menjadi alat kesatuan. Tidak heran sampai sekarang sumpah pemuda selalu dikenang dan diperingati setiap tanggal 28 Oktober.

5. Kebangkitan Pemuda

Pada zaman dahulu kongres yang diadakan memiliki tujuan untuk membangkitkan semangat pemuda. Hal itu juga berfungsi agar pemuda bisa bersatu dalam melawan penjajah dan mempertahankan kemerdekaan. Pemuda memang penerus bangsa yang harus memiliki sikap cinta terhadap tanah air.

6. Perwujudan Kemerdekaan

Kemerdekaan Indonesia memang menjadi momentum yang tidak bisa dilupakan. Sumpah pemuda juga menjadi tonggak yang mewujudkan kemerdekaan tersebut. Pemuda dari berbagai daerah berkumpul dan bertukar pikiran untuk mewujudkan bangsa yang maju. Maka dari itu sumpah permuda selalu diperingati untuk mengingat perjuangan para pemuda.

7. Sejarah Bangsa

Sumpah pemuda termasuk sejarah bangsa yang tidak boleh dilupakan. Apalagi pidato yang ada di dalam teks sumpah pemuda bertujuan agar semua orang bangga terhadap tanah air. Tak hanya itu pemuda juga harus menjunjung tinggi persatuan bangsa. Makna ini membuat sumpah pemuda selalu diperingati dan harus diterapkan oleh semua masyarakat.

facebook
Twitter
Follow

Tinggalkan komentar