Mengapa Setiap Pemain Harus Menguasai Teknik Dalam Permainan Bola Voli

Permainan bola voli merupakan jenis permainan yang menggunakan bola besar, dimainkan oleh dua regu secara berlawanan. Jumlah pemain bola voli dalam satu regu atau tim ada enam orang.

Masing-masing pemain memiliki posisi yang berbeda ketika bertanding di lapangan. Meskipun posisi dan perannya berbeda namun setiap pemain ini harus menguasai teknik dasar dalam permainan bola voli. Mengapa begitu?

Alasan Pemain Dalam Permainan Bola Voli Harus Menguasai Teknik permainan

1. Meraih kemenangan untuk tim

Setiap pemain bola voli harus menguasai teknik permainan supaya bisa memainkan permainan dengan benar, membantu tim dalam mencetak angka dan untuk membantu pelatih menjalankan strategi dalam permainan, sehingga tim yang akan meraih kemenangan dan untuk permainannya bisa menjadi pemain bola voli profesional.

2. Mengenal dirinya

Alasan pemain bola voli perlu menguasai teknik permainan adalah supaya pemain mengenal siapa dirinya, seberapa kemampuanmu dan apa yang harus ditingkatkan. Modal utama pemain ketika akan bertanding adalah memperhatikan kondisi fisik badannya, mental jiwa, dan taktik yang sudah disusun oleh pelatih dan tim.

3. Bermain secara efektif dan efisien

Ketika setiap pemain sudah menguasai teknik pertandingan bola voli maka permainan pun bisa berjalan dengan efektif dan efisien. Mengapa bisa begitu? Pengertian dari teknik sendiri merupakan prosedur atau cara yang sudah dikembangkan berdasarkan pada praktek dengan tujuan mencari solusi suatu masalah pergerakan lawan tertentu dengan mekanisme yang paling simpel dan berguna.

4. Teknik dasar yang perlu dikuasai

Pemain bola voli perlu menguasai teknik dasar dalam permainan. Adapun teknik dasar yang harus setiap pemain kuasai adalah teknik servis, passing atas, passing bawah, smash dan blocking atau menghadang bola. Setiap pemain harus menguasai semua teknik dasar ini karena para pemain akan menggunakan semua teknik dasar dalam bermain bola voli tidak peduli dengan posisinya ketika pertandingan.

5. Semua pemain dalam satu tim akan servis

Semua pemain dalam satu tim bola voli akan kebagian jadwal untuk servis sebagai pertanda dimulainya kembali permainan. Penguasaan teknik servis yang tepat bisa langsung mendatangkan poin untuk tim. Pukulan servis yang kuat akan membuat bola melaju dengan cepat dan tepat ke daerah lawan. Sebaliknya bila pemain gagal melakukan servis dengan benar maka tim lawan akan dengan mudah mendapatkan poin.

6. Teknik passing memberikan  umpan kepada tim

Teknik dasar yang perlu dikuasai oleh setiap pemain bola voli selanjutnya adalah teknik passing atau mengumpan. Teknik passing ini bedakan menjadi dua yaitu passing bawah dan passing atas. Perbedaanya terletak pada tenaga yang dikeluarkan. Tenaga yang dikeluarkan akan lebih besar passing atas. Tujuan dari passing adalah mengumpan bola ke teman satu tim yang akan mengeksekusi bola ke arah lawan.

7. Smash dan blocking menyerang dan bertahan

Teknik selanjutnya yang perlu dikuasai adalah teknik smash dan blocking. Smash bertujuan untuk memberikan pukulan balasan dengan kuat ke arah lawan supaya bola tidak dapat dikembalikan dan mencetak poin. Sedangkan blocking adalah upaya untuk menghalau bola masuk ke daerah pertahanan dan berbalik ke arah lawan sehingga mendapatkan poin.

facebook
Twitter
Follow

Tinggalkan komentar