Mengapa Setiap Negara Harus Memiliki Dasar Negara

Dasar negara diartikan secara terminologis sebagai bentuk dan landasan dalam proses penyelenggaraan dan pembentukan suatu negara.

Indonesia memiliki pancasila sebagai dasar negara guna menjadi landasan kepribadian bangsa, peranan pancasila inj begitu penting untuk Bangsa Indonesia, negara lain juga memerlukan dasar negara supaya menjadi negara yang berdaulat. Mengapa setiap negara perlu untuk memiliki dasar negara?

Alasan Setiap Negara Harus Memiliki Dasar Negara

1. Fondasi pembentukan negara

Dasar negara perlu dimiliki oleh semua negara karena dasar negara merupakan fondasi terbentuknya suatu negara. Dengan adanya dasar negara yang memuat bentuk negara, bentuk pemerintah, sistem pemerintahan, tujuan negara dan cara-cara mencapai tujuan negara.

2. Dasar negara sebagai landasan hidup berbangsa

Dasar negara memiliki peranan sebagai landasan hidup berbangsa dan bernegara untuk semua warganya. Adanya Pedoman hidup ini perlukan supaya warga masyarakat dan juga pemerintah dapat menentukan tujuan yang harus akan dicapai bersama.

3. Dasar negara sebagai pengingat tujuan negara

Dasar negara menjadi pengingat bagi masyarakat dan juga pemerintah untuk dapat mencapai tujuan negara yang telah dirumuskan dalam dasar negara. Tujuan suatu negara tentunya mulia dan luhur, sehingga harapannya tujuan tersebut bisa dicapai lewat kerja sama yang baik antara masyarakat dan pemerintah.

4. Dasar negara sebagai landasan hukum

Setiap negara perlu ada peraturan yang mengikat semua elemen pemerintah maupun masyarakat supaya kehidupan berbangsa dan bernegara bisa berjalan selaras dan harmonis. Dalam negara yang berdaulat keberadaan dasar negara merupakan landasan hukum dalam pembentukan dan penetapan. Peraturan hendaknya dibuat berdasarkan nilai yang ada pada dasar negara.

5. Terhindar dari konflik

Dampak lain setiap negara harus memiliki dasar negara adalah supaya tidak mudah terkena konflik, baik itu konflik internal dari dalam negaranya sendiri maupun konflik eksternal pengaruh dari kepentingan negara lain. Tanpa adanya dasar negara tidak ada nilai kehidupan yang menjadi pedoman masyarakatnya untuk bisa hidup tentram, dan damai. Sehingga pada akhirnya sistem pemerintahan akan mudah  terganggu.

6. Supaya bisa terus maju dan berkembang

Setiap negara perlu dasar negara supaya bisa terus maju dan berkembang menatap masa depan yang lebih baik. Negara tanpa dasar negara akan kesulitan untuk maju dan juga berkembang, karena tidak adanya cita-cita, visi misi, dan tujuan hidup. Dampak parahnya masyarakat dan pemerintah akan memiliki perasaan tidak percaya sehingga saling tuduh menuduh demi kepentingan masing-masing.

7. Cita cita negara

Dasar negara berperan sebagai cita negara. Artinya dasar negara dibuat untuk mencapai tujuan negara serta cita-cita bangsa. Tujuan dan cita yang luhur bangsa perlu ditanamkan di hati masyarakat supaya tercipta rasa kebersamaan dan saling memiliki dalam kehidupan bernegara. Alasan setiap negara perlu dasar negara untuk membangun cita negara, langkah yang harus diambil untuk mewujudkannya dan semangat untuk terus bekerja sama.

facebook
Twitter
Follow

Tinggalkan komentar