Mengapa Seni Rupa Daerah Sering Disebut Seni Rupa Tradisional

Di dalam  buku Seni Budaya karangan Nuari pada tahun 2017 terdapat pengertian dari seni rupa yaitu hasil ciptaan kualitas, alam keindahan dan ekspresi yang berwujud lebih dari aslinya serta memiliki klasifikasi objek-objek yang diciptakan menjadi suatu struktur sehingga mampu dinikmati menggunakan indera mata dan juga peraba.

Sifat karya seni rupa salah satunya yaitu kedaerahan yang membuat seni rupa disebut juga sebagai seni rupa tradisional.

Alasan Seni Rupa Daerah Disebut Seni Rupa Tradisional

1. Pengerjaannya secara turun temurun

Alasan pertama mengapa seni rupa daerah disebut seni rupa tradisional karena proses pengerjaannya yang dilakukan secara turun temurun dari generasi ke generasi yang ada di daerah tersebut dengan menggunakan teknik dan cara pengerjaan tradisional. Misalnya dalam pembuatan batik tulis perlu menggunakan keterampilan seorang pembatik.

2. Sifat karya seni rupa

Sifat dari karya seni rupa yaitu kedaerahan yang memiliki arti hasil karya seni rupa sebagian besar dipengaruhi oleh budaya yang ada di suatu daerah tersebut. Sifat kedaerahan ini yang mengakibat julukan seni rupa daerah menjadi seni rupa tradisional.

3. Ragam corak yang dihasilkan

Ragam corak yang dihasilkan dalam karya seni rupa dari daerah dipengaruhi juga oleh kondisi geografis yang ada di suatu daerah. Pengaruh lain datang dari corak seni tradisional di tengah masyarakat daerah tersebut yang masih dilestarikan sampai sekarang. Umumnya corak yang dipakai mengandung makna dan unsur   tertentu yang bersifat simbolik.

4. Seni rupa daerah dibuat dari bahan alam

Umumnya seni rupa daerah atau yang disebut seni rupa tradisional masih menggunakan hasil kekayaan alam yang didapat dari daerah tersebut dan sekitarnya. Hasil dari seni rupa daerah ini nantinya banyak dipakai dalam upacara adat dan tradisional daerah setempat. Karena masih menggunakan bahan dari alam kualitas yang dihasilkan pun terjamin.

5. Fungsi sosial pada karya seni rupa

Karya seni rupa daerah memiliki dua fungsi yaitu sebagai fungsi pribadi dan fungsi sosial. Fungsi sosial dari karya seni rupa daerah membawa misi tertentu diantaranya sarana pendidikan, hiburan, komunikasi dan keagamaan.

6. Bentuk seni rupa daerah

Seni rupa daerah bentuknya ada dua dimensi dan tiga dimensi. Dapat berupa  seni lukis, seni kriya atau kerajinan dan juga seni patung. Teknik yang dipakai dalam pembuatan seni rupa daerah ini masih menggunakan cara tradisional yang berjalan turun temurun sehingga produk yang dihasilkan pun umumnya lebih tahan lama.

7. Digunakan dalam kehidupan sehari-hari

Alasan seni rupa daerah disebut sebagai seni rupa tradisional karena masih digunakan dalam kehidupan sehari-hari yang sifatnya tradisional seperti karya seni tekstil batik, tenun, dan songket. Karya seni ini digunakan pada acara-acara tradisional dan adat penting, mulai dari acara pernikahan, kelahiran sampai ke acara kematian.

facebook
Twitter
Follow

Tinggalkan komentar