Mengapa Semua Umat Beragama Perlu Hidup Berdampingan

Sebagai makhluk sosial manusia tidak bisa hidup seorang diri, Manusia memerlukan bantuan dari orang lain untuk bisa menjalankan kehidupannya.

Tidak hanya tentang hubungan timbal balik peranan manusia sebagai makhluk sosial juga mencakup toleransi antar umat beragama. Di Indonesia ada beberapa agama yang diakui. Semua umat beragama perlu hidup saling berdampingan, Mengapa begitu?

Alasan Semua Umat Beragama Perlu Hidup Rukun Berdampingan

1. Perbedaan adalah anugerah yang harus dihormati

Tuhan menciptakan perbedaan sebagai anugerah untuk umat manusia. Sebagai umat beragama menghargai anugerah yang diberikan Tuhan ini adalah sebuah kewajiban. Mengembangkan adalah wujud dari penghormatan kepada anugerah perbedaan yang telah diberikan.

2. Menghindari perdebatan

Menganut agama tertentu adalah hak dari masing-masing individu yang tidak boleh dibatasi, ataupun dirampas. Alasan semua umat beragama perlu hidup berdampingan supaya tidak menimbulkan perdebatan mengenai agama mana yang paling baik. Sikap untuk bisa saling menghormati kebenaran agama lain yang berdasarkan keyakinan masing-masing ini menjadi pertanda harmoni dalam perbedaan.

3. Toleransi antar umat beragama

Hidup rukun berdampingan antar umat beragama bisa tumbuh dengan adanya sikap toleransi. Toleransi bisa tercipta dengan 5 prinsip S yaitu senyum, sapa, saling mengenal, saling menghargai dan saling kerjasama supaya tercipta manfaat bersama. Kerjasama atau gotong royong ini dalam hal kegiatan sosial dan bukannya kegiatan keagamaan.

4. Peranan Agama dalam kehidupan bernegara

Keberadaan Agama sudah eksis dari awal pembentukan Negara Indonesia. Agama telah membentuk peri kehidupan sosial, nilai-nilai kemasyarakatan sosial dan adat istiadat. Kekuatan agama telah mampu bersinergi dengan kekuatan etnis dalam membuat pondasi bangsa, yang menjadi nilai dasar bernegara yaitu Ketuhanan Yang Maha Esa.

5. Hidup berdampingan menegakan persatuan dan kesatuan

Kekuatan agama telah terbukti bisa bersatu-padu untuk mencapai tujuan yang sama, kemampuan hidup berdampingan ini didasari tujuan bersama yaitu menegakkan kedaulatan NKRI. Inilah kekuatan bangsa, yaitu kerukunan antar umat beragama dan persatuan untuk mencapai tujuan bersama. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

6. Mengimani keyakinan agama pribadi  dan mengakui adanya agama lain

Ungkapan “untuk mu agamamu dan untukku agama ku” bisa diterapkan dalam sikap toleransi antar umat beragama, namun kita juga harus mengakui dan menghormati bahwa ada orang lain yang memiliki iman berbeda. Sikap mampu mengakui dan menghormati perbedaan agama ini merupakan pertanda telah dewasanya masyarakat.

7. Bekerjasama di bidang sosial

Alasan semua umat beragama perlu saling hidup berdampingan supaya bisa terjalin kerjasama. Tuntutan untuk bekerjasama ini pada amal perbuatan yang sifatnya kegiatan sosial dan bukannya bekerjasama dalam hal peribadatan dan tauhid. Misalnya saja kerjasama untuk membersihkan lingkungan tempat tinggal, gotong royong membangun akses jalan kampung. Kegiatan yang sifatnya sosial ini tidak memandang perbedaan suku, agama dan ras.

facebook
Twitter
Follow

Tinggalkan komentar