Mengapa Sel Tumbuhan Memiliki Dinding Sel

Dinding sel merupakan sebuah matriks ekstraseluler yang perannya sebagai pelindung dan pembentuk sel. Bagian dinding sel sendiri saat usia muda tersusun atas selulosa lalu mengalami penumpukan lignin saat sel-sel mulai menua.

Dinding sel terdapat plasmodesmata dan noktah yang memiliki fungsi sebagai penghantar rangsang dalam sel tumbuhan. Dinding sel hanya ditemui pada tumbuhan. Mengapa demikian?

Alasan Sel Tumbuhan Memiliki Dinding Sel

1. Menjaga sel tumbuhan supaya tidak pecah

Dinding sel berfungsi memberi bentuk pada sel tumbuhan dan melindungi bagian di dalam sel supaya tidak terpengaruh oleh lingkungan. Selain itu, fungsi yang tidak kalah penting mengapa sel tumbuhan memiliki dinding sel adalah supaya sel tumbuhan tidak pecah akibat kemasukan air secara berlebih.

2. Meskipun tidak bergerak dan berkembang namun bermanfaat

Dinding sel disebut juga tembok sel adalah jaringan lapisan di luar membran sel yang mengelilingi sel. Biasanya dinding sel ini terdapat pada tumbuhan. Dinding sel menyebabkan sel tidak dapat bergerak dan berkembang secara bebas namun dinding sel mampu memberikan perlindungan dan penyaring pada sel tumbuhan.

3. Dinding sel berfungsi untuk melindungi tumbuhan

Dinding sel pada tumbuhan memiliki fungsi utama sebagai pelindung dari ancaman bahaya yang menyerang. Mengapa perlu dilindungi? Karena tumbuhan memiliki sifat kaku, tidak dapat berpindah atau bergerak. Sehingga tumbuhan membutuhkan perlindungan dari mikroorganisme dan serangga patogen yang mengancam keselamatan.

4. Menentukan bentuk tubuh

Alasan sel tumbuhan memiliki dinding sel sedangkan sel hewan tidak adalah untuk menentukan kekuatan, bentuk, dan dukungan. Kemampuan dinding sel memberikan bentuk pada tumbuhan karena didalamnya terdiri dari selulosa yang terdapat beragam molekul D glukosa, sehingga mampu menciptakan tekstur sel dengan struktur yang kokoh dan kuat.

5. Dinding sel yang membuat tumbuhan tetap tegak

Dinding sel juga berperan dalam menjaga tetap berdiri tegaknya tumbuhan dan bertanggung jawab dalam memelihara serta menentukan bentuk sel. Dengan adanya dinding sel tumbuhan bisa menyempurnakan bentuknya untuk bisa berfotosintesis dengan baik.

6. Dinding sel terbagi menjadi 3 jenis

Pada sel tumbuhan jenis dinding sel terbagi menjadi 3 jenis sesuai dengan fungsi dan peranannya. Jenis dinding sel yaitu dinding sel primer, sekunder dan lamela tengah. Dinding sel primer terdapat pada tumbuhan yang memiliki sel bersifat asam. Dinding sel sekunder merupakan lapisan tebal antara sel primer dan membran plasma.

7. Sel tumbuhan bisa berkembang dengan baik karena adanya dinding sel

Adanya sel pada makhluk hidup membuat tumbuhan dan hewan bisa tumbuh dan berkembang. Sel-sel pada tumbuhan ini perlu dilindungi supaya tidak mudah rusak dan bisa berkembang dengan baik. Berbeda dengan sel hewan yang tidak punya dinding sel karena hewan mampu aktif bergerak kesana kemari serta struktur tubuhnya yang lunak.

facebook
Twitter
Follow

Tinggalkan komentar