Mengapa Sel Tumbuhan Memiliki Bentuk yang Tetap Sedangkan Sel Hewan Bentuknya Tidak Tetap

Tumbuhan dan hewan merupakan dua makhluk hidup yang memiliki beberapa perbedaan. Perbedaan bahkan terlihat dari bagian sel. Sel merupakan penunjang kehidupan makhluk hidup.

Ada beberapa sel yang tidak terdapat di tumbuhan ataupun hewan. Pertanyaan terkait sel tumbuhan memiliki bentuk tetap sedangkan sel hewan bentuknya tidak tepat itu terjadi akibat sel hewan yang tidak memiliki dinding sel.

Perbedaan Antara Sel Tumbuhan dan Hewan

1. Bentuk

Demi menjawab semua pertanyaan secara menyeluruh. Ada beberapa perbedaan yang terdapat pada sel tumbuhan dan hewan. Perbedaan pertama terletak pada bentuk dari sel. Keduanya memiliki perbedaan yang mana tidak adanya dinding sel yang ada pada hewan. Hal itu memberikan pengaruh yang mana sel tumbuhan menjadi memiliki bentuk yang lebih kuat.

2. Sitokinesis sel

Perbedaan kedua terkait dengan sitokinesis sel. Sebuah sel memiliki pengaruh dalam tumbuh kembang tumbuhan ataupun hewan. Maka dari itu, fungsi dari sel berpengaruh penting. Pada sel tumbuhan itu sendiri membentuk lempeng mitosis yang mana berpengaruh dalam proses pembelahan. Sedangkan pada sel hewan memiliki bentuk furrowing.

3. Ukuran

Perbedaan lainnya dari dua sel makhluk hidup juga terlihat dari ukuran. Sebuah ukuran pada sel umumnya merupakan satu bagian yang sangat kecil. Meski begitu terdapat perbedaan di antara keduanya. Misalnya pada sel hewan yang memiliki ukuran lebih kecil dibanding sel tumbuhan. Pada tanaman terdapat dinding sel sehingga membuat ukuran lebih besar.

4. Vakuola

Vakuola merupakan salah satu organ pada sel. Memiliki peranan penting dalam proses kehidupan makhluk hidup. Organ vakuola pada hewan dan tanaman jelas berbeda satu sama kain. Sebab pada tumbuhan memiliki vakuola yang lebih besar. Fakta itu didukung dengan adanya dinding sel. Semakin besar dari organ ini maka menjadi tanda bahwa dapat semakin tua juga lama hidupnya.

5. Sentriol

Perbedaan sel pada tumbuhan serta hewan juga dapat di lihat dari sentriol. Pada bagian ini hanya terdapat pada sel hewan saja. Sel tanaman memang tidak memiliki sebuah sentriol. Fungsi bagian ini sangat penting dalam mengatur pembelahan sel hewan serta sebagai pemisah kromosom. Setiap pembelahan di atur oleh organ ini sehingga tumbuh kembang hewan menjadi maksimal.

6. Lisosom

Perbedaan lainnya pada sebuah sel tumbuhan dan hewan dapat di lihat pula dari lisosom. nah lisosom ini ternyata hanya di miliki oleh sel hewan saja. Sedangkan pada sel tumbuhan tidak ada. Organ ini berbentuk sebuah kantung yang mana memiliki fungsi penting yakni mengatur sistem pencernaan intrasel. Maka dari itu, merupakan organ vital dalam pertumbuhan hewan.

7. Plastida

Bila sebelumnya hanya terdapat pada hewan saja. Lain halnya dengan plastida yang mana hanya terdapat di sel tumbuhan. Pada sel hewan tidak ditemukan organ yang satu ini. Plastida dikenal menjadi organ yang mana tempat terjadinya fotosintesis. Proses fotosintesis dapat berlangsung maksimal lewat bantuan dari organ ini. Tak pelak organ akan mengandung pigmen yang kuat. Selain itu, menjadi tempat kloropas untuk menunjang makan dan proses fotosintesis.

8. Pembentukan spindle

Perbedaan terakhir terkait dengan pembentukan spindle. Organ ini memiliki peranan yang baik dalam penggerak kromosom sebagai pembelahan sel. Meski begitu bentuk dari sel ini berbeda pada sel hewan maupun tanaman. Sebab spindel pada tumbuhan memiliki bentuk anastral tanpa adanya sebuah aster. Sedangkan bentuk sel pada hewan membentuk amlhiastral dengan adanya aster.

facebook
Twitter
Follow

Tinggalkan komentar