Mengapa Saat Berenang Harus Menggunakan Pakaian Renang

Pernah memperhatikan aturan di kolam renang umum yang kita datangi. Salah satu peraturan yang tertulis di sana ada menggunakan pakaian khusus untuk renang.

Lalu ada juga kolam renang yang menyediakan penyewaan pakaian renang untuk para pengunjung yang tidak membawa pakaian renang. Mengapa saat berenang perlu memakai pakaian renang? Inilah 7 alasannya

Alasan saat renang perlu menggunakan pakaian renang

1. Pakaian renang dibuat dari bahan khusus

Pakaian renang di desain dengan menggunakan bahan khusus dalam pembuatannya. Bahan yang dipakai tentunya berbeda dengan pakaian yang kita gunakan sehari hari yang berbahan dari katun atau kapas. Bahan kain yang dipakai untuk membuat baju renang ada nylon, spandex, dan lycra.

2. Pakaian biasa menumpuk bakteri ketika dipakai renang

Alasan ketika berenang perlu memakai pakaian khusus karena pakaian harian yang kita gunakan ketika berenang akan menumpuk lebih banyak kuman dan bakteri yang berbahaya di dalam kolam renang. Hal ini karena bahan pakaian harian umumnya terbuat dari kapas yang memiliki sifat bisa menahan kuman ataupun bakteri bahkan detergen.

3. Serat pakaian biasa bisa menyumbat saluran kolam renang

Pakaian yang terbuat pada kapas atau katun memiliki serat-serat kain yang bisa terlepas terbawa oleh air di dalam kolam renang. Memang ukuran serat kain ini kecil tapi jika dalam jumlah yang banyak akibatnya bisa menyumbat bahkan sampai merusak saluran pembuangan pada kolam renang.

4. Baju renang warnanya tidak akan pudar terkena air kolam

Menggunakan bahan nylon, spandex atau lycra membuat warna dari baju renang tidak akan luntur meskipun terkena air kolam renang yang mengandung kaporit karena baju renang lebih tahan abrasi. Berbeda dengan kaos biasa yang warnanya akan mudah luntur dan memudar ketika terkena air kolam yang sudah tercampur dengan bahan kimia.

5. Faktor kenyamanan

Alasan kelima perlunya menggunakan baju renang supaya ketika berenang tubuh lebih nyaman dalam untuk bergerak di dalam air. Pakaian yang terbuat dari kapas atau katun akan menyerap air hal ini tentu akan membuat pakaian menjadi lebih berat dan tidak nyaman ketika dipakai untuk berenang.

6. Mengurangi daya hambat

Pakaian renang di desain pas dengan postur tubuh hal ini bukan tanpa tujuan. Pakaian renang yang dibuat seolah sempit ini tidak menyerap air dan fungsinya untuk mengurangi daya hambat pada tubuh. Sehingga tubuh jadi bisa lebih aktif untuk bergerak.

7. Mengurangi resiko cidera

Menggunakan pakaian renang ketika berenang juga bisa mengurangi resiko cedera selama kita berenang. Alasannya karena pakaian renang yang dipakai tidak menghalangi gerak ketika berenang sedangkan pakaian biasa yang terbuat dari katun atau kapas sifat menyerap air dan cenderung akan membebani ketika dipakai berenang sehingga resiko terjadi cidera pun lebih besar.

facebook
Twitter
Follow

Tinggalkan komentar