Mengapa Renang Gaya Dada Sering Disebut Renang Gaya katak

Renang merupakan olahraga air yang banyak digemari mulai dari kalangan dewasa sampai anak-anak. Olahraga renang memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan seperti menjaga kondisi jantung, menambah tinggi badan, mengatur kekuatan nafas, dan menjaga stamina tubuh.

Ketika berenang ada berbagai gaya yang bisa diaplikasikan, salah satunya gaya dada yang sering disebut sebagai gaya katak. Mengapa demikian?

7 Alasan Renang Gaya Dada Sering Disebut Renang Gaya Katak

1. Posisi renang menghadap ke permukaan air

Pernah melihat bagaimana katak berenang di permukaan air? Gaya dada disebut sebagai gaya katak karena posisi renangnya menyerupai gaya katak ketika berenang yaitu posisi badan menghadap ke atas permukaan air, kedua belah kaki posisinya menendang ke luar sementara itu kedua tangan lurus ke depan. Dilanjut dengan kedua tangan ke samping seperti membelah air.

2. Gaya dada atau breaststroke

Gaya dada selain dikenal dengan sebutan gaya katak juga dikenal dengan sebutan breaststroke. Kategori gaya renang dada dibedakan menjadi dua lagi yaitu distance swimming dan sprint.

3. Panjang lintasan gaya dada

Pada perlombaan renang gaya dada, jarak tempuhnya yaitu 100 meter dan 200 meter. Sedangkan pada perlombaan renang gaya dada, jarak tempuhnya kurang lebih 1.500 meter.

4. Renang gaya dada kategori sprint perlu performa tubuh yang tinggi

Renang gaya dada dengan kategori sprint membutuhkan performa tubuh yang tinggi karena daya tempuhnya yang relatif pendek. Ketika renang dengan gaya sprint, tubuh harus bisa digerakkan lebih cepat dan lebih kuat dibanding renang dengan gaya biasanya. Untuk sikap awalan tubuh ketika berenang dengan gaya dada sprint juga berbeda.

5. Renang gaya dada kategori distance swimming

Pada renang gaya dada kategori ini Jarak tempuh untuk perenang akan lebih jauh dibandingkan dengan kategori sprint. Performa yang stabil menjadi indikator utama yang harus dimiliki perenang gaya dada kategori ini. Kecepatan bukan merupakan hal terpenting, karena jaraknya yang jauh, perenang harus bisa menghemat energinya.

6. Perenang bisa terlihat seperti meluncur dengan gaya dada

Renang pada kategori distance swimming posisi tubuh perenang ada saatnya akan terlihat seperti posisi meluncur, dengan kaki dan tangan dalam keadaan lurus rapat. Pada renang distance swimming, khususnya yang menggunakan gaya dada, keadaan seperti meluncur ini bisa dilakukan sebagai bentuk penghematan energi.

7. Sejarah gaya renang katak

Manusia diperkirakan sudah mengenal renang gaya dada sejak Zaman Batu. Hal ini bisa dilihat dalam lukisan di Gua Perenang, Mesir barat daya. Gerakan kaki untuk gaya dada diperkirakan meniru gerakan renang seekor katak. Hal ini dapat dilihat pada lukisan dinding yang dibuat oleh orang Assyria dan juga lukisan relief telah ditemukan di Babilonia.

facebook
Twitter
Follow

Tinggalkan komentar