Mengapa Renang Gaya Bebas dapat Menambah Tinggi Badan

Renang bisa menambah tinggi badan, statement ini merupakan mitos atau fakta ya?. Banyak orang yang percaya kalau ingin tambah tinggi bisa dengan berenang. Dalam berenang ada beberapa gaya yang bisa digunakan salah satunya gaya bebas.

Gaya bebas adalah renang dengan posisi dada menghadap ke air, posisi kaki menendang-nendang. Mengapa renang dengan gaya bebas menambah tinggi badan?

7 Alasan Renang Gaya Bebas dapat Menambah Tinggi Badan

1. Renang melatih semua otot tubuh

Renang masuk dalam cabang olahraga air, sebagai suatu kegiatan olahraga renang mampu melatih hampir semua otot tubuh untuk bisa bergerak dengan maksimal ketika berada di air. Adapun otot tubuh yang bekerja dominan saat berenang adalah otot kaki dan perut. Semua anggota badan akan bergerak ketika kita berenang. Renang memiliki banyak manfaat bila dilakukan rutin.

2. Otot kaki berenang menimbulkan kontraksi

Renang menyebabkan terjadinya kontraksi antara otot perut dan otot kaki. Kontraksi pada otot kaki ini yang menyebabkan terjadinya pertambahan tinggi badan. Ketika berenang dengan gaya bebas ada otot yang bergerak aktif yaitu otot kaki. Renang dengan gaya bebas posisi kaki menendang-nendang air. Sehingga tubuh bisa melaju lebih cepat di dalam air.

3. Hormon pertumbuhan dilepas saat olahraga

Ketika tubuh berolahraga hormon pertumbuhan akan dilepaskan secara natural yang baik untuk meningkatkan tinggi badan. Berenang merupakan kegiatan olahraga bila rutin dilakukan akan banyak memiliki manfaat.

4. Banyak otot yang gerak saat berenang

Ketika tubuh berenang ada banyak otot yang ikut bergerak dan diberikan tekanan. Antara lain otot kaki, lengan, dada dan tulang belakang. Bergeraknya semua otot tubuh mampu meningkatkan pelepasan energi dan meningkatkan fungsi otot.

5. Perpanjangan kaki dan tulang belakang

Berenang dianggap dapat membantu perpanjangan kaki dan juga tulang belakang, sehingga pertumbuhannya dapat menambah tinggi badan. Tetapi, ingat untuk melakukan latihan peregangan sebelum mulai renang ya supaya otot tubuh tidak kram dan justru berbahaya untuk kesehatan.

6. Cara berenang dengan gaya bebas

Cara renang dengan gaya bebas sangatlah mudah, posisi dada menghadap ke permukaan air lalu kedua lengan mulai digerakkan secara bergantian ke depan seperti gerakan mengayuh. Kedua kaki bisa digerakkan secara bergantian naik turun ke atas dan ke bawah. Teknik pernafasannya pun tidaklah rumit dan bisa dengan mudah dipelajari.

7. Gaya bebas lebih cepat melaju di dalam air

Dibandingkan dengan gaya renang lain gaya renang bebas dapat membantu tubuh melaju lebih cepat di kedalaman air. Berenang selain berguna untuk menambah tinggi badan bila dilakukan secara rutin juga memberikan manfaat lain untuk tubuh seperti menjaga kesehatan jantung, menurunkan kadar kolesterol, meredakan stres, menurunkan berat badan dan tentunya meningkatkan kebugaran tubuh.

facebook
Twitter
Follow

Tinggalkan komentar