Mengapa Rangka Disebut Sebagai Alat Gerak Pasif

Rangka adalah bagian dari alat gerak yang tidak bisa melakukan pergerakan sendiri. Ketika makhluk hidup melakukan aktivitas maka membutuhkan bantuan otot, otak, serta sendi. Hal ini membuat rangka disebut sebagai alat gerak pasif.

Namun rangka mempunyai beberapa fungsi untuk tubuh salah satunya sebagai tempat melekatnya otot serta melindungi organ dalam.

Alasan Rangkat Disebut Sebagai Alat Gerak Pasif

1. Dibantu Otot

Rangka membutuhkan bantuan otot lain dalam melakukan pergerakan. Ketika makhluk hidup bergerak maka secara otomatis otot dan rangka bisa digerakkan. Rangka memang termasuk alat gerak pasif karena tidak mungkin bisa melakukan perpindahan jika tidak didukung oleh otot. Sehingga mempunyai otot tubuh yang sehat juga berpengaruh terhadap mobilisasi sehari-hari.

2. Lentur

Sifat rangka memang lentur karena sebagai tempat melekatnya otot. Ketika sistem tubuh ingin bergerak maka rangka tidak bisa bergerak sendiri karena sangat lentur. Selain itu rangka tidak kuat dalam menggerakkan tubuh makhluk hidup jika tidak dibantu dengan otot. Jadi perlu adanya keseimbangan antara rangka dan otot yang harus saling melengkapi saat makhluk hidup ingin bergerak.

3. Membutuhkan Sendi

Dalam melakukan pergerakan rangka tidak hanya membutuhkan bantuan otot saja, tetapi perlu pula penyokong berupa sendi. Tubuh manusia sendiri dibagi menjadi beberapa sendi seperti engsel, pelana, putar, dan masih banyak lagi. Semua sendi itu akan melakukan tugas sesuai fungsi masing-masing. Bahkan rangka yang tersusun dihubungkan dengan sendi supaya bisa digerakkan.

4. Perintah Otak

Otak diketahui memiliki peran yang sangat penting karena dapat mempengaruhi kerja rangka serta otot. Perintah otak yang ingin menggerakkan tubuh akan membuat otot secara otomatis tergerak. Otak memang terhubung ke organ tubuh bagian lain karena memiliki fungsi yang penting. Sehingga perintah otak memang sangat berpengaruh terhadap kinerja sistem gerak pasif seperti rangka.

5. Tempat Melekat Otot

Rangka tersusun atas tulang yang memang saling berhubungan dan berkaitan. Selain itu rangka sebagai tempat melekat otot yang membuat tubuh bisa bergerak aktif. Kerja otot dan rangka yang baik sangat berpengaruh terhadap aktivitas yang akan dilakukan setiap makhluk hidup.

6. Tidak Bisa Bergerak Sendiri

Alat gerak pasif memang tidak mampu menggerakkan tubuh sendiri tanpa bantuan dari alat gerak aktif. Rangka sebagai alat gerak pasif membutuhkan otot dan sendi. Jika tidak ada bantuan dari otot tersebut maka rangka tidak bisa digerakkan sama sekali.

7. Penyokong Tubuh

Meskipun rangka tidak bisa bergerak sendiri, tetapi mampu sebagai penyokong tubuh. Jika tidak ada rangka maka tubuh tidak bisa berdiri tegak. Sehingga rangka mempunyai peran tersendiri yang tentu sangat penting di dalam tubuh meskipun termasuk sebagai alat gerak pasif.

facebook
Twitter
Follow

Tinggalkan komentar

Close