Mengapa Rakyat Indonesia Mudah Menerima Ajaran Hindu Budha

Ajaran Hindu Buddha merupakan salah satu agama yang dianut oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Ajaran tersebut sudah ada sejak lama karena belum banyak tersebar agama lain.

Selain itu mayoritas penduduk juga masih belum mempunyai pegangan hidup. Hal tersebut menjadi salah satu faktor utama ajaran Hindu Buddha lebih diterima masyarakat sejak zaman nenek moyang.

Alasan Rakyat Indonesia Mudah Menerima Ajaran Hindu Buddha

1. Sistem Pemerintahan

Pada zaman dahulu sistem pemerintahan yang ada di lingkup masyarakat masih memakai kepala suku atau raja. Pemimpin tersebut diyakini sebagai wakil nenek moyang yang sangat dihormati. Pengaruh ajaran Hindu Buddha semakin kuat dengan sistem pemerintahan ini. Masyarakat juga bisa menerima sistem pemerintahan itu karena raja dipercaya dapat melindunginya.

2. Tidak Ada Paksaan

Golongan masyarakat yang menerima agama Hindu Buddha tidak ada unsur paksaan dari siapapun. Beberapa orang percaya bahwa sudah terlahir sebagai Hindu. Anggapan itu semakin membuat Brahmana menyebarkan ajaran lebih luas kepada penduduk lain. Sehingga sebagian besar masyarakat Indonesia secara otomatis banyak yang percaya dan memeluk agama Hindu.

3. Kepercayaan

Penduduk pada zaman dahulu memang masih primitif karena percaya dalam memuja roh nenek moyang. Tak hanya itu, sebagian orang juga ada yang sering memuja benda keramat seperti patung karena dianggap bisa memberikan kesejahteraan. Hal itu hampir sama seperti ajaran Hindu Buddha karena ada upacara pemujaan nenek moyang. Jadi masyarakat lebih mudah menerima ajaran tersebut.

4. Belum Mengenal Agama

Konon kepercayaan masyarakat masih berupa animisme dan dinamisme. Kepercayaan anismisme menganggap bahwa segala sesuatu baik hidup maupun mati mempunyai roh. Sedangkan dinamisme meyakini segala sesuatu memiliki kekuatan gaib. Setelah muncul Hindu Buddha penduduk lebih bisa menerima karena memang sebagian masih belum mengenal agama.

5. Pengaruh Raja

Penguasa yang masih dipimpin oleh seorang raja zaman dahulu mempunyai pengaruh dan peran yang kuat. Apalagi penguasa banyak yang memeluk agama Hindu sehingga masyarakat meniru hal tersebut. Para raja memang sangat dihormati dalam lingkup masyarakat, jadi apapun yang diperintahkan akan dilaksanakan oleh penduduk.

6. Sifat Terbuka

Dahulu diketahui ada pedagang dari Asia yang berjualan di Indonesia karena terdapat jalur pelayaran. Sebagian besar pedagang membawa ajaran Hindu Buddha ke Indonesia. Apalagi penduduk dikenal sangat ramah terhadap para pedagang ini. Sehingga ajaran yang dibawa pedagang tidak sulit diterima di Indonesia.

7. Kultur

Kultur yang dimiliki Hindu Buddha memang sangat mirip dengan kepercayaan animisme dan dinamisme yang pernah dianut masyarakat. Mulai dari punden, arca, serta upacara agama menjadi bukti kemiripan itu. Kultur yang sama ini semakin mempengaruhi penduduk untuk menerima dan meyakini ajaran Hindu Buddha.

facebook
Twitter
Follow

Tinggalkan komentar

Close