Mengapa Pulau Bali disebut sebagai Pulau Seribu Pura

Bali merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang terkenal dengan budaya serta kearifan lokal yang masih amat kuat di tengah-tengah peradaban masyarakat modern. Pulau ini juga menjadi primadona pariwisata yang sudah banyak dikenal wisatawan mancanegara.

Selain itu paling memiliki julukan tersendiri di kalangan wisatawan, seperti Pulau Seribu Pura. Sebenarnya apa yang menyebabkan pulau Bali dijuluki sebagai Pulau Seribu Pura?

Alasan pulau Bali dijuluki sebagai Pulau Seribu Pura

1. Memiliki Begitu Banyak Pura yang Tersebar

Pulau Bali memiliki begitu banyak pulau yang tersebar di berbagai wilayahnya. Hal ini tidak terlepas dari penduduk Bali yang mayoritas memeluk agama Hindu. Selain digunakan sebagai tempat beribadah umat Hindu masyarakat sekitar, pura di Bali juga banyak dimanfaatkan sebagai destinasi wisata bagi para wisatawan yang datang.

Tidak hanya 1000, diperkirakan jumlah pura di Bali mencapai lebih dari 10.000 buah. Jumlah ini terdiri dari 4.368 buah Kahyangan Tiga, 714 buah Dang Kahyang, dan 9 buah Kahyang Jagat Bali. Jumlah ini belum termasuk tempat suci untuk pemujaan roh leluhur yang biasa ada di dalam rumah atau Pura Kawitan.

2. Masyarakatnya Mengenal Banyak Dewa

Di Pulau Bali banyak di kenal kasta Hindu dengan dewa pelindung masing-masing yang berbeda antar kasta. Setiap dewa akan dibuatkan pura dengan tujuan untuk kegiatan ibadah masyarakat yang menganut kasta Hindu.

Dewa sering disamakan dengan roh penunggu atau penjaga dalam agama Abrahamik. Selain itu setiap aktivitas masyarakat di Bali memiliki dewa perwujudan masing-masing dalam ranah spiritual atau rohani. Karena hal ini juga lah Bali dikenal sebagai Pulau Seribu Pura.

3. Kentalnya Budaya Hindu

Bali termasuk provinsi di Indonesia yang masyarakatnya masih kental akan budaya Hindu. Hal ini dapat dilihat dari sesaji yang banyak dipersembahkan untuk dewa penjaga di berbagai tempat atau pura di Bali. Namun saat ini agama Hindu di Bali lebih bersifat bebas. Selain itu terjadi pula akulturasi antara kebudayaan asli Indonesia dan agama Hindu sehingga agama Hindu di Bali memiliki keunikan tersendiri yang lebih universal.

4. Provinsi dengan Penduduk Beragama Hindu Terbesar di Indonesia

Bali merupakan provinsi yang memiliki jumlah penduduk beragama Hindu paling banyak di Indonesia, agama Hindu seolah sudah menjadi nyawa dan ciri khas dari setiap aktivitas yang ada di Bali. Sekitar 79,8% pemeluk agama Hindu di Indonesia berasal dari Bali. Maka dari itu tidak heran apabila di Bali tersebar banyak pura sebagai tempat ibadah masyarakat sekitar. Karena hal ini pulalah Bali disebut sebagai Pulau Seribu Pura.

5. Terkenal dengan Destinasi Wisata Budaya

Bali tidak hanya terkenal dengan destinasi wisata pantainya yang cantik saja. Melainkan juga destinasi wisata budaya yang dimilikinya. Salah satu diantaranya adalah pura. Selain dapat menjadi tempat ibadah bagi umat Hindu, pura di Bali juga banyak dikunjungi wisatawan karena memiliki keunikan tersendiri.

6. Bali sebagai Istana Roh Leluhur

Bali banyak dikenal sebagai tempat atau istana roh leluhur, guru-guru suci atau tokoh agama Hindu yang pernah ada di Indonesia. Para pendahulu banyak membangun pura untuk kegiatan ibadah. Karena ini juga lah terdapat banyak pura di Bali, sehingga Bali dikenal dengan sebutan Pulau Seribu Pura.

7. Pura sebagai Tempat Ibadah Mayoritas Penduduk Bali

Sudah diketahui bahwa penduduk Bali mayoritas beragama Hindu. Terdapat lebih dari setengah penduduknya yang memeluk agama Hindu. Karena hal ini, dibutuhkan tempat ibadah yang dapat mencukupi kebutuhan rohani penduduk di setiap wilayah.

Disini lah mulai terdapat kesadaran untuk membangun tempat ibadah atau pura di berbagai wilayah.  Bahkan tidak jarang penduduk memiliki pura pribadi di setiap rumah yang disebut dengan Pura Kawitan. Karena ini pula Bali disebut sebagai Pulau Seribu Pura.

Temukan lebih banyak konten terkait dengan Pendidikan atau konten menarik lain di PPPA

facebook
Twitter
Follow

Tinggalkan komentar