Mengapa Produsen Indonesia Perlu Melakukan Ekspor

Kegiatan ekspor merupakan kegiatan penjualan barang ke berbagai wilayah lain yang didasarkan atas adanya kesepakatan yang sudah disepakati oleh kedua belah pihak yakni importir atau penerima barang dan eksportir atau pengirim barang.

Kegiatan ini tidak hanya mengacu pada perdagangan barang ke mancanegara saja, namun ke daerah lain dalam satu negara juga termasuk dalam kegiatan ekspor. Indonesia sendiri merupakan salah satu negara yang perlu melakukan kegiatan ekspor.

Alasan Perlunya Kegiatan Ekspor oleh Indonesia

Agar kerjasama terkait perdagangan antar negara dapat terjalin dengan baik

Selama ini Indonesia telah menjalin hubungan kerjasama dengan banyak negara terkait berbagai hal, salah satunya adalah dalam hal perdagangan. Indonesia sendiri dikenal sebagai negara yang kaya akan hasil alam sehingga banyak negara yang menjalin kerjasama perdagangan dengan Indonesia. Bahkan, pada saat Indonesia belum merdeka, hasil alam di Indonesia menjadi incaran negara lain yang menjajah demi mendapatkan keuntungan.

Agar daerah perdagangan menjadi lebih luas

Hingga saat ini, Indonesia masih menjadi negara pengekspor ke berbagai negara. Hasil alam adalah salah satu produk yang diekspor ke negara lain. Dengan kegiatan ekspor inilah daerah perdagangan akan menjadi lebih luas sehingga hubungan dengan negara lain selalu terjalin dengan baik. Hal ini juga berlaku dalam negeri dimana satu daerah yang menghasilkan produk tertentu secara aktif mengekspor produk tersebut ke daerah lain.

Agar dapat membantu negara lain memenuhi kebutuhannya

Setiap negara pasti memiliki kebutuhan tertentu yang dapat membuat negara tersebut tetap aktif berkembang. Kegiatan ekspor termasuk salah satu kegiatan yang dapat menguntungkan pihak importir maupun eksportir. Melihat dari sisi eksportir, kentungan bisa didapatkan melalui kegiatan ekspor. Sementara itu dari sisi importir, kebutuhan yang belum dimiliki atau tersedia di negaranya dapat terpenuhi dengan adanya hubungan perdagangan tersebut.

Agar devisa negara semakin meningkat

Devisa negara diartikan sebagai suatu kondisi terkait kekayaan negara yang berbentuk barang atau mata uang asing yang dapat digunakan untuk melakukan transaksi dagang dari satu negara ke negara lain. Alat transaksi berupa devisa inilah yang dapat digunakan untuk bertransaksi dengan melibatkan negara yang lain. Kegiatan ekspor dalam hal perdagangan telah membantu peningkatan devisa negara Indonesia.

Agar dapat bersaing dalam kancah perdagangan kelas global

Setiap negara pasti memiliki keunggulan di bidang tertentu. Termasuk Indonesia yang mempunyai keunggulan dalam kekayaan hasil alamnya. Selain dapat memperluas daerah perdagangan dan meningkatkan segi devisa negara, setiap negara harus mampu bersaing dengan negara lainnya dalam hal perdagangan kelas global. Persaingan tersebut bukan berarti persaingan yang buruk namun setiap negara harus memiliki ciri khas perdagangannya sendiri.

Agar mendapatkan keuntungan yang bisa memajukan negara

Produsen-produsen hasil alam di Indonesia sampai saat ini masih tampak aktif melakukan kegiatan ekspor ke negara lainnya. Tujuan kegiatan ekspor sendiri adalah supaya Indonesia mendapatkan keuntungan sehingga negara dapat semakin maju. Dengan permintaan produk yang tinggi, maka pendapatan negara akan bertambah dan negara dapat semakin maju.

Agar pembangunan sarana dan prasarana negara tidak terhambat

Tidak dapat dipungkiri bahwa kegiatan pembangunan baik sarana maupun prasarana membutuhkan banyak budget. Salah satu sumber pemasukan negara adalah dari kegiatan ekspor ini. Pembangunan sarana prasarana dapat mempermudah kegiatan masyarakat yang tinggal di Indonesia dalam beraktivitas.

Temukan lebih banyak konten terkait dengan Pendidikan atau konten menarik lain di PPPA

facebook
Twitter
Follow

Tinggalkan komentar