Mengapa Platipus Dianggap Hewan Peralihan dari Aves ke Mamalia

Platipus merupakan hewan yang memiliki keunikan karena bentuknya hampir mirip dengan burung. Namun, cara reproduksinya dengan bertelur dan menyusui anak platipus yang lepas dari cangkang.

Hal tersebut menjadi ciri khas platipus yang digolongkan sebagai hewan mamalia. Tak hanya itu saja, masih ada beberapa alasan lain yang membuat platipus beralih dari aves menjadi mamalia.

Alasan Mengapa Platipus Dianggap Hewan Peralihan dari Aves ke Mamalia

1. Cara Berkembang Biak

Platipus termasuk hewan yang unik karena berkembang biak seperti reptil yaitu dengan cara bertelur. Ketika sel telur berhasil dibuahi maka anak platipus akan keluar dari cangkang. Cara perkembang biakan ini membuat platipus mampu memperbanyak diri agar tidak punah.

Meskipun platipus bertelur, namun hewan tersebut akan menyusui anaknya. Hal itulah yang membuat platipus digolongkan menjadi hewan mamalia. Platipus yang baru lahir membutuhkan nutrisi yang cukup dari air susu tersebut.

2. Bentuk Tubuh

Jika dilihat sekilas bentuk tubuh platipus hampir mirip seperti bebek karena kakinya pendek. Selain itu platipus juga memiliki paruh berwarna hitam yang terlihat keras. Paruh tersebut digunakan untuk menangkap hewan yang dijadikan sebagai makanan. Bentuk itu menjadi salah satu ciri mamalia yang dapat dijumpai dengan mudah.

3. Habitat

Platipus diketahui bisa hidup di dua alam yaitu darat dan air. Saat berada di darat hewan ini akan berjalan seperti cicak dengan merayap. Namun ketika berada di air platipus akan menyesuaikan diri dengan berenang. Habitat hidup ini banyak sekali ditemukan pada hewan jenis mamalia.

4. Adaptasi

Cara beradaptasi hewan memang ada beragam dan berbeda-beda. Platipus dapat beradaptasi dengan kaki dan paruh yang dimiliki untuk menangkap mangsa. Selain itu kaki itu juga berfungsi untuk berjalan maupun berenang di atas air. Sehingga platipus digolongkan menjadi hewan mamalia yang memiliki cara adaptasi unik.

5. Memiliki Kelenjar Susu

Platipus memiliki kelenjar susu yang digunakan untuk menyusui anaknya yang keluar dari cangkang telur. Kelenjar susu ini merupakan ciri khas hewan mamalia yang umum diketahui. Platipus memang hewan yang unik karena bentuk tubuh yang mirip burung tetapi masih bisa menyusui.

6. Berbulu

Hewan platipus mempunyai bulu berwarna hitam yang melekat di tubuhnya. Bulu tersebut digunakan untuk beradaptasi pada lingkungan habitat serta menutupi organ tubuh. Bulu platipus juga sangat lembut hampir sama seperti bulu burung. Hal tersebut membuat platipus disebut sebagai hewan mamalia.

7. Cara Bernafas

Hewan yang tergolong mamalia diketahui memiliki cara pernafasan menggunakan paru-paru. Platipus mempunyai paru-paru yang digunakan untuk menghirup oksigen. Paru-paru tersebut juga berada di dalam tubuh yang ditutupi dengan bulu halus. Cara pernafasan itulah membantu platipus untuk mempertahankan hidup.

facebook
Twitter
Follow

Tinggalkan komentar