Mengapa Persatuan dan Kesatuan Sangat Penting Bagi Bangsa Indonesia

Di dalam sebuah bernegara, tentunya Anda tidak akan tinggal hanya seorang diri saja. Terdapat warga lain yang juga tinggal di sana. Oleh karena itulah, dibutuhkan adanya persatuan. Karena memang akan mustahil sebuah negara untuk mengayomi warga tanpa adanya persatuan dan kesatuan.

Untuk dapat meraih hal tersebut, maka tentunya disini kesatuan merupakan jalan utama. Berikut ini akan diulas tentang apa pentingnya persatuan dan kesatuan bagi bangsa Indonesia.

Apa Pentingnya Persatuan dan Kesatuan Bagi Bangsa Indonesia?

1. Mengatasi Perbedaan

Seperti yang telah disinggung di atas, bahwa dengan persatuan dan kesatuan tentu hal tersebut akan mampu untuk mengayomi warga. Perbedaan antar budaya, individu ras, tidak akan menjadi halangan. Dengan adanya persatuan akan lebih mudah dalam memahami satu sama lain.

Tentunya hal tersebut bisa menjadi sebuah anugerah dan kekuatan yang sungguh kuat untuk tetap menjaga hubungan antar sesama agar selalu rukun dan harmonis. Tanpa adanya persatuan dan kesatuan, maka warga masyarakat Indonesia akan terpecah belah.

2. Untuk Mempermudah dalam Mencapai Tujuan Bangsa

Negara Indonesia sendiri memiliki tujuan nasional yang harus di wujudkan. Semua tujuan-tujuan tersebut hanya bisa dicapai jika warga negara Indonesia sendiri bersatu. Tanpda adanya persatuan maka yang ada hanyalah perpecahan. Hal inilah yang sangat dihindari oleh bangsa Indonesia. Karena itulah penting untuk menumbuhkan rasa persatuan dan kesatuan bagi seluruh masyarakat yang Indonesia. Tujuan bangsa tentu tak akan terwujud jika seluruh bangsa Indonesia tdiak bersatu.

3. Bangsa Indonesia Akan Lebih Maju

Menjadi negara maju tentu merupakan keinginan setiap bangsa dan negara yang ada di dunia, tak terkecuali di sini adalah Bangsa Indonesia. Untuk menjadi negara yang maju, maka terlebih dahulu Negara Indonesia yang sampai saat ini masih menjadi negara berkembang harus lebih mengedepankan persatuan dan kesatuan.

4. Untuk Menjaga Keutuhan serta Keamanan NKRI

Dengan persatuan dan kesatuan tentu hal tersebut akan mampu untuk meminimalisir terjadinya perpecahan yang bisa saja mengganggu keamanan serta keutuhan dari Negara Indonesia. Hal tersebut tentu bisa dicapai jika seluruh masyarakat Indonesia membangun rasa solidaritas yang cukup tinggi, toleransi antar satu sama lain, serta sikap saling setia kawan.

5. Menciptakan Pergaulan yang Lebih Akrab

Dengan memiliki semangat persatuan dan kesatuan tentu rasa keakraban pun akan jauh lebih mudah untuk dibangun. Setiap warga negara akan saling hidup berdampingan, rukun, tolong-menolong dan juga lebih akrab antara satu sama lain. Tentunya dengan begitu akan menciptakan Indonesia yang lebih harmonis.

6. Tercipta Ketenangan

Pentingnya persatuan dan kesatuan bagi bangsa Indonesia selanjutnya yaitu agar tercipta ketenangan dalam hidup bermasyarakat. Karena dengan begitu tidak akan ada diskriminasi ras, suku, agama maupun golongan.

7. Pembangunan yang Jauh Lebih Mudah

Menumbuhkan rasa persatuan dan kesatuan di dalam diri masyarakat juga akan memunculkan rasa kepedulian yang sangatlah tinggi. Setiap warga negara Indonesia nantinya akan jauh lebih peduli dengan perkembangan negara. Serta berusaha untuk melakukan hal-hal terbaik agar dapat berjalan dengan lebih lancar.

Bentuk pertolongan yang dapat diberikan nantinya yaitu dengan taat membayar pajak tepat waktu atau juga bisa dilakukan dengan cara menjaga lingkungan sekitar dari berbagai macam kerusakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Dengan begitu tentunya Negara Indonesia akan semakin bertumbuh menjadi negara yang lebih maju. Utamanya disini dalam hal pembangunan sarana dan prasarana.

Temukan lebih banyak konten terkait dengan Pendidikan atau konten menarik lain di PPPA

facebook
Twitter
Follow

Tinggalkan komentar