Mengapa Perlu Musyawarah Dalam Mengambil Keputusan Bersama

Kegiatan musyawarah pastinya sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat modern. Kegiatan yang satu ini biasanya ditemukan dalam berbagai aspek, mulai dari bidang sosial bahkan hingga bidang ilmu ilmiah.

Ada beberapa hal yang menjadi penyebab mengapa musyawarah ini penting untuk dilakukan, seperti penjelasan yang ada di bawah ini.

7 Hal yang Membuat Musyawarah Penting untuk Dilakukan

1. Menghindari Konflik

Alasan pertama yang membuat musyawarah penting adalah demi menghindari konflik. Di masyarakat seluruh orang pasti akan memiliki pandangan tersendiri dalam menghadapi keadaan tertentu, dan hal itu akan memicu konflik. Musyawarah dapat menjadi kegiatan yang menenangkan mereka.

2. Mencapai Keputusan yang Adil

Keputusan yang bisa dicapai setelah melakukan musyawarah pastinya akan terdengar adil dan bisa disepakati banyak pihak. Jika tidak ada musyawarah, pasti keputusan tersebut hanya akan adil bagi beberapa pihak saja.

3. Mendengarkan Pendapat Orang Lain

Masyarakat pastinya tidak akan memiliki pendapat yang sama ketika berhadapan dengan masalah tertentu, sehingga musyawarah menjadi ajang mereka untuk mendengarkan pendapat. Dengan mengamati pendapat satu sama lain, pasti nanti akan dicapai keputusan yang sesuai.

4. Melihat Hal dari Sudut Pandang Berbeda

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, musyawarah menjadi ajang yang membantu seluruh pihak untuk melihat suatu hal dari sudut pandang yang berbeda. Terkadang mereka akan merasa bahwa pendapat mereka yang paling mudah diterima, namun ternyata ada pihak lain yang dirugikan jika pendapat tersebut disetujui.

5. Menguntungkan Semua Pihak yang Terlibat

Musyawarah akan membantu seluruh pihak untuk terhindar dari kerugian tertentu yang bisa membuat mereka berada dalam kondisi yang tidak beruntung. Sebab, hasil keputusan bersama yang diperoleh pasti sudah ditentukan dengan mendengarkan seluruh pendapat dari segala sisi mulai dari keuntungan hingga kemungkinan buruk yang bisa dihasilkan nantinya.

6. Menciptakan Stabilitas Emosi

Kegiatan musyawarah ini juga akan membantu pihak yang terlibat untuk melatih stabilitas emosi yang mereka miliki sebab nanti beberapa pihak ada yang tidak setuju dan mengemukakan pendapatnya dengan menggebu-gebu. Jika sudah terbiasa untuk melatih tingkat stabilitas emosi yang dimiliki, pasti nantinya emosi yang dimiliki antar anggota tetap stabil meski dihadapkan pada situasi yang gawat.

7. Melatih Kebersamaan

Alasan terakhir yaitu musyawarah akan membantu melatih kebersamaan yang dimiliki oleh setiap anggota musyawarah. Hubungan antar anggota akan semakin erat karena mereka bisa bertemu dengan karakter anggota yang berbeda dan menjadi lebih memahami meskipun ada kekurangan yang tidak cocok dengan mereka.

Anggota musyawarah pun dilatih untuk semakin terbuka dan tidak memendam semuanya sendirian. Dengan begitu, maka rasa kebersamaan akan semakin merebak karena mereka melakukannya demi meraih satu tujuan yang sama.

facebook
Twitter
Follow

Tinggalkan komentar