Mengapa Perlindungan dan Penegakan Hukum Mutlak Wajib Dilaksanakan di Suatu Negara Demokrasi

Perlindungan hukum mengacu kepada hak-hak subjek hukum yang dilindungi oleh penegak hukum dengan memanfaatkan segala daya upaya. Tujuannya yakni menjamin bahwa setiap warga negara tidak mengalami pelanggaran hak.

Di sisi lain, penegakan hukum adalah bentuk keharusan terwujudnya hukum di sebuah negara tanpa pandang bulu, baik kepada pemerintah, aparat, maupun rakyat biasa. Lebih lanjut, inilah alasan mengapa suatu hukum wajib diterapkan secara mutlak:

Alasan Perlindungan dan Penegakan Hukum Mutlak Wajib Dilaksanakan di Suatu Negara Demokrasi

1. Sistem hukum pada negara demokrasi

Pada dasarnya, negara demokrasi mengadopsi sistem hukum di mana kekuasaan paling tinggi dimiliki oleh rakyat. Dengan kata lain, rakyatlah yang memegang peranan penting bagi kelangsungan kehidupan bernegara sehingga hak-haknya harus terpenuhi. Di lain pihak, apabila terjadi pelanggaran, maka penegakan hukum tersebut wajib pula dilaksanakan tanpa terkecuali.

2. Jaminan hukum

Ini merupakan suatu pemahaman yang menegaskan bahwa suatu negara demokrasi mempunyai dasar hukum berupa aturan perundang-undangan. Di Indonesia sendiri, seluruh dasar hukum tersebut berakar pada pancasila di mana mengikat seluruh rakyat. Dengan demikian, negara perlu menjamin keberlangsungan penegakan hukum atas setiap individu dan melindunginya pada waktu bersamaan.

3. Supremasi hukum yang berdaya

Hukum menjadi tidak berguna bila tidak dibarengi dengan penerapan ketat yang mengikat seluruh warga negara demokrasi. Itulah mengapa perlu ada upaya perlindungan dan penegakannya sehingga terbentuk supremasi hukum. Pada akhirnya, supremasi ini memiliki peran besar atas pengaturan setiap perbuatan manusia.

4. Keadilan jadi nyata

Penegakan hukum secara mutlak tanpa pandang bulu di dalam negara demokrasi harapannya mampu mewujudkan keadilan. Bagaimanapun, manusia sering kali menjadikan aspek ini sebagai salah satu tujuan berbangsa dan bernegara, tetapi kenyataan di lapangan justru masih banyak ditemukan ketimpangan sosial. Oleh karenanya, perlindungan serta penegakan hukum akan memberikan kesetaraan bagi setiap individu tanpa memedulikan status keagamaan, etnis, jabatan, dan seterusnya.

5. Kedamaian

Apabila hukum ditegakkan dan dilindungi dengan baik, maka segala bentuk pelanggaran dapat diminimalkan sekecil-kecilnya. Sebagai imbasnya, kehidupan bermasyarakat pun berangsur menuju kedamaian di mana setiap pelanggar diberikan hukuman yang setimpal. Kehidupan semacam ini tentu bagian dari harapan dari eksistensi negara demokrasi.

6. Kesejahteraan

Seiring dengan tegaknya keadilan bagi masyarakat, kehidupan pun berangsur damai karena semua merasa setara. Selanjutnya, orang-orang dapat berfokus menjalani aktivitas seperti biasa serta mengupayakan agar negara terus bergerak maju. Apabila ekonomi negara menjadi tinggi, tidak menutup kemungkinan bahwa kesejahteraan pada akhirnya dapat dicapai.

7. Kehidupan nyaman

Menjalani kehidupan yang nyaman merupakan impian bagi setiap individu di suatu negara demokrasi. Sayangnya, sekarang hal ini belum terwujud sepenuhnya sebab penegakan dan perlindungan hukum tidak diterapkan secara optimal. Dengan kata lain, ada hukum mutlak mampu menciptakan kenyamanan bermasyarakat di mana setia pelanggar bisa menerima konsekuensi sepadan.

facebook
Twitter
Follow

Tinggalkan komentar

Close