Mengapa Peredaran Narkoba Semakin Meluas

Narkoba merupakan bahan, obat dan zat bukan makanan yang jika dihisap, diminum, dihirup dan disuntik, maka akan berpengaruh terhadap kinerja otak. Selain itu, bahan tersebut dapat mengakibatkan ketergantungan.

Tidak hanya berpengaruh pada kinerja otak saja, melainkan juga peredaran darah, jantung, pernapasan dan lain sebagainya. Sekalipun narkoba dilarang, namun penyebarannya masih saja meluas.

Alasan Peredaran Narkoba Semakin Meluas

1. Teknologi Semakin Berkembang

Tidak dapat dipungkiri, kemajuan teknologi saat ini berperan terhadap peredaran narkoba yang semakin meluas. Dengan adanya sosial media semua orang saat ini lebih mudah untuk melakukan komunikasi dan memperoleh informasi.

2. Faktor Kepribadian

Salah satu penyebab selanjutnya yaitu faktor kepribadian. Beberapa hal yang masuk ke dalam faktor pribadi tersebut antara lain biologis, genetik, kesehatan, personal dan gaya hidup yang mana disini mempunyai pengaruh dalam menentukan seseorang akhirnya terjerumus dalam penggunaan narkoba.

3. Faktor Masyarakat

Penyebab selanjutnya mengapa narkoba beredar luas yaitu oleh karena faktor masyarakat. Faktor yang mempengaruhi kondisi sosial seorang remaja antara lain yaitu hilangnya nilai dalam sebuah hubungan, hilangnya perhatian dengan komunitas dan susah untuk melakukan adaptasi. Hal tersebut pada akhirnya berdampak makin banyak orang yang terjangkiti narkoba.

4. Faktor Keluarga

Faktor keluarga juga menjadi alasan mengapa narkoba semakin beredar luas. Orang tua yang terlalu sibuk memang akan lalai mengawasi anggota keluarga, termasuk disini anak. Seorang anak yang kurang mendapat perhatian dari orang tuanya, maka mereka akan cenderung mencari perhatian di luar sana. Tak jarang dari mereka bekerja mencari kesibukan bersama.

Oleh karena kurangnya pengawasan tersebut, maka anak pun akhirnya memiliki sikap kurang disiplin dan tanggung jawab. Hal itu yang pada akhirnya membuat seorang anak terjerumus untuk menggunakan narkoba.

5. Faktor Lingkungan

Di dalam lingkungan yang individualistis seperti contohnya di kehidupan kota-kota besar memang cenderung kurang peduli antar sesama. Setiap orang hanya memikirkan permasalahannya sendiri, tanpa memperdulikan orang lain di sekitarnya. Dan hal itu juga berakibat pada penyalahgunaan narkoba.

6. Pengaruh Teman atau Kelompok

Pengaruh kelompok atau teman juga memiliki peranan penting mengapa narkoba tersebut makin beredar luas. Kebiasaan berkumpul dengan teman yang salah atau kelompok yang tidak sehat, akhirnya mendorong seseorang untuk ikut mengkonsumsi narkoba.

7. Faktor Pendidikan

Pendidikan mengenai bahaya penyalahgunaan narkoba di sekolah merupakan salah satu bentuk kampanye terhadap anti penyalahgunaan dan peredaran narkoba. Kurangnya pengetahuan tersebut akhirnya membuat seseorang lebih rentan terhadap bahaya narkoba, sehingga peredarannya tetap terjadi dan makin meluas.

8. Faktor Populasi

Remaja saat ini hidup di dalam lingkungan besar di mana mayoritas mereka berada dalam lingkungan dengan resiko tinggi pada penyalahgunaan narkoba. Tidak sedikit dari anak muda yang mulai mencoba-coba untuk mengkonsumsi narkoba. Hal tersebut pada akhirnya membuat mereka kecanduan.

facebook
Twitter
Follow

Tinggalkan komentar

Close