Mengapa Peran Indonesia Dalam Mewujudkan ASEAN Drug Free 2015 Sangat Penting

Association of Southeast Asian Nations atau ASEAN merupakan himpunan bangsa-bangsa Asia Tenggara yang mengatur permasalahan dari negara kawasan Asia Tenggara.

Salah satu masalah yang diurus oleh ASEAN adalah narkoba dengan menerapkan sebuah target yang diberi nama ASEAN Drug Free 2015 dengan tujuan untuk memberantas masalah narkoba di Asia Tenggara.

Berikut kita akan melihat peran Indonesia dalam mewujudkan ASEAN Drug 2015 tersebut.

Alasan Kenapa Peran Indonesia Dalam Mewujudkan ASEAN Drugs Free 2015 Sangat Penting

1. Indonesia Merupakan Salah Satu Negara di ASEAN Dengan Ukuran yang Besar

Alasan yang paling pertama kenapa peran Indonesia begitu penting dalam mewujudkan ASEAN Drug Free 2015 adalah ukuran Indonesia yang begitu besar. Jika negara tercinta kita berhasil menekan masalah narkotika maka jumlah kasus narkotika di ASEAN akan menurun secara drastis.

2. Populasi Indonesia yang Sangat Banyak

Dengan ukuran Indonesia yang begitu besar jelas akan menghasilkan populasi yang sangat banyak juga. Hal tersebut membuat pertumbuhan kasus narkotika juga akan dengan mudah menyebar apalagi jika pemerintah salah mengambil tindakan. Oleh karena itu, jika pemerintah Indonesia berhasil mengatasi kasus narkotika dengan baik maka bisa dipastikan ASEAN Drug Free 2015 bisa sukses besar.

3. Indonesia Memiliki Banyak Pelabuhan

Untuk memberantas narkoba jelas harus dilakukan dengan menghentikan penyebaran barang haram (narkoba) tersebut. Salah satu rute penyebaran yang sangat populer adalah melalui jalur laut, hal tersebut dikarenakan rata-rata pelabuhan belum memiliki teknologi yang bagus untuk mendeteksi keberadaan narkoba. Sedangkan Indonesia merupakan sebuah negara kepulauan yang memiliki banyak sekali pelabuhan sehingga sangat wajar jika Indonesia sangat rentan terhadap narkoba.

4. Indonesia Memiliki Banyak Bandar Udara

Selain melalui laut narkoba juga kadang disebarkan melalui udara. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa Indonesia merupakan negara kepulauan dan jelas selain memiliki banyak pelabuhan pasti memiliki banyak bandar udara udara juga, jadi tanah air tercinta kita ini sangat sensitif terhadap penyebaran barang jenis narkoba.

5. Memiliki Lahan Narkoba

Tidak bisa dipungkiri jika Indonesia juga merupakan salah satu negara di ASEAN yang mempunyai lahan narkoba. Sebut saja Aceh yang menjadi salah satu daerah penghasil tanaman ganja terbesar di Indonesia, memang tujuan ditanam tanaman tersebut adalah untuk urusan obat namun jika disalahgunakan maka lain cerita.

6. Memiliki Banyak Kasus Narkoba

Indonesia juga merupakan salah satu negara dengan kasus narkoba yang sangat banyak, bahkan tokoh-tokoh penting juga kedapatan menggunakan barang haram tersebut. Hal ini membuat orang-orang biasa juga akan ikut mencoba karena diberikan contoh seperti itu oleh tokoh penting negara.

7. Hukuman yang Tidak Membuat Jerah

Walaupun sudah dilarang oleh pemerintah namun hukuman yang diberikan jika melanggar larangan tersebut kurang keras. Hal tersebut membuat tidak ada efek jerah atau membuat takut orang-orang, alhasil mereka bisa saja mengulang kesalahan yang sama.

facebook
Twitter
Follow

Tinggalkan komentar

Close