Mengapa Pengambilan Napas pada Renang Melalui Mulut

Berenang menjadi salah satu olahraga populer yang disukai banyak orang. Namun sebelum melakukan olahraga ini, Anda harus mengetahui teknik pernapasan yang benar.

Hal itu bertujuan supaya kebutuhan oksigen tetap terpenuhi dengan menggunakan pernapasan mulut.

Alasan Mengapa Pengambilan Napas pada Renang Melalui Mulut

1. Gerakan Pernapasan

Pada saat berenang Anda harus mengetahui cara mengatur pernapasan yang benar. Gerakan tubuh yang mengapung dengan tangan lurus di depan dagu membuat olahraga ini harus menggunakan pernapasan mulut. Jika Anda menggunakan pernapasan hidung maka akan sulit karena kemungkinan besar air kolam bisa masuk ke dalam hidung.

Biasanya atlet renang yang sudah mahir melakukan olahraga itu dapat mengatur pernapasan dengan baik. Bagi Anda yang belum terlalu mahir sebaiknya belajar mengatur pernapasan lewat mulut. Selain itu latih pula kekuatan otot tangan dan kaki agar bisa mengapung di atas air.

2. Mengurangi Asupan Air

Pernapasan melalui mulut diketahui dapat mengurangi asupan air yang masuk ke dalam tubuh. Air ini disebabkan karena adanya perbedaan tekanan udara. Jika pernapasan tidak dilakukan dengan benar maka air yang ada di kolam bisa masuk melalui hidung. Apalagi air kolam sangat berbahaya karena mengandung kaporit yang tidak bagus untuk tubuh.

3. Dipengaruhi Gaya Renang

Gaya dada menjadi favorit banyak orang yang melakukan olahraga renang. Gaya tersebut memang sangat mudah dilakukan karena hanya membutuhkan keseimbangan tangan, kaki, serta bagian tubuh lainnya. Renang gaya dada juga membutuhkan bantuan mulut untuk melakukan pernapasan saat berada di dalam air.

4. Perbedaan Tekanan

Tekanan yang ada di darat dan air memang sangat berbeda karena dipengaruhi oleh udara. Jika di darat manusia menggunakan pernapasan hidung, maka saat berada di air sebaiknya menggunakan pernapasan mulut. Hal itu bertujuan untuk menyeimbangkan tekanan air agar udara bisa masuk ke dalam tubuh.

5. Posisi Kepala

Pada saat berenang dengan gaya dada atau gaya bebas kepala sejajar dengan tangan. Kemudian kepala akan miring ke kiri dan kanan untuk mengambil oksigen agar tetap bisa bernapas saat berada di air. Proses pengambilan ini sebaiknya menggunakan bantuan pernapasan mulut supaya lebih mudah.

6. Gerakan Lengan

Gerakan lengan yang seimbang dengan badan sangat mempengaruhi olahraga renang. Kepala yang miring ke kanan dan kiri disertai gerakan lengan diketahui mampu membantu pernapasan mulut di dalam air. Jadi Anda perlu melatih otot lengan sebelum berenang.

7. Oksigen Terpenuhi

Ketika berada di dalam air oksigen yang masuk ke dalam tubuh harus bisa terpenuhi dengan baik. Anda dapat menggunakan pernapasan mulut untuk memudahkan proses pertukaran udara. Sehingga pasokan oksigen di dalam paru-paru bisa tetap maksimal.

facebook
Twitter
Follow

Tinggalkan komentar