Mengapa Penemuan Lampu Dapat Meningkatkan Taraf Ekonomi Suatu Daerah

Lampu pertama kali ditemukan oleh Thomas Alva Edison sekitar tahun 1880 an, berkat kerja keras dan rasa ingin tahu yang tinggi penemuan lampu pijar ini mampu menjadi sebuah titik terang dalam kehidupan manusia di semua belahan bumi.

Penemuan lampu ini membawa dampak secara sosial, ekonomi dan lainnya. Mengapa penemuan lampu bisa meningkatkan taraf ekonomi dari suatu daerah?

Alasan penemuan lampu dapat meningkatkan taraf ekonomi

1. Kemudahan bagi aktivitas malam hari

Dahulu pekerjaan terpaksa dihentikan ketika malam datang. Hal ini karena keterbatasan mata manusia melihat dalam kondisi gelap. Kegiatan masih bisa berlangsung di malam hari dengan bantuan cahaya api atau lampu minyak, namun dua cara itu tidak efektif untuk menghasilkan cahaya yang bisa menerangi semua ruangan. Dengan adanya cahaya lampu mempermudah dan memperluas aktivitas kegiatan manusia di malam hari.

2. Jalanan lebih aman dilalui di malam hari

Kondisi jalan raya yang gelap gulita di malam hari sangat berbahaya untuk pengendara. Sehingga sebelum lampu disebarluaskan, ketika malam hari sudah tidak ada kendaraan yang melewati jalan. Sekarang dengan adanya penemuan lampu kegiatan di jalan raya terus berlangsung sepanjang waktu. Pengiriman barang ke berbagai daerah dengan kendaraan pun dapat dilakukan sepanjang hari tanpa mengenal siang atau malam.

3. Toko retail berbagai kebutuhan buka sampai malam

Penemuan lampu membawa dampak ekonomi yang lebih baik bagi suatu daerah karena dengan adanya cahaya lampu toko kelontong atau retail masih buka hingga larut malam. Sehingga orang pulang kerja pun masih bisa berbelanja aneka kebutuhan rumahnya setelah pulang kerja. Roda perekonomian daerah pun terus berputar meskipun sudah malam.

4. Kegiatan belajar masih bisa berlangsung

Penemuan lampu berdampak pada kegiatan belajar. Sekarang sudah tidak ada alasan seseorang tidak bisa menambah wawasan di malam hari. Anak sekolah dimudahkan dengan tetap bisa mengerjakan pekerjaan rumah saat malam hari. Berbagai kemudahan bisa didapatkan suatu daerah dengan adanya penemuan lampu jadi tidak ada alasan menunda-nunda tugas.

5. Daerah layak huni

Dengan adanya penemuan lampu dan listrik mampu meningkatkan taraf ekonomi suatu daerah. Daerah yang sudah dialiri penerangan dikatakan sebagai daerah yang layak huni serta sudah memiliki sirkulasi ekonomi di daerahnya.

6. Masuknya produk-produk elektronik

Lampu dan listrik menjadi cikal bakal masuknya kemajuan di suatu daerah. Dengan adanya penerangan dan listrik akan masuk produk-produk elektronik untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Selain itu internet juga bisa masuk ke daerah tersebut, dengan begitu daerah akan menjadi lebih maju lagi dari segi ekonomi.

7. Mempermudah kegiatan harian

Lampu sebagai sumber penerangan memiliki dampak ekonomi dengan bisa meningkatkan taraf hidup suatu daerah. Dahulu proses fotosintesis hanya bisa berlangsung ketika ada sinar matahari sekarang dengan adanya lampu kegiatan fotosintesis tumbuhan tetap bisa berlangsung meskipun malam hari.

facebook
Twitter
Follow

Tinggalkan komentar