Mengapa Penemuan Jam Berkembang Dari Waktu ke Waktu

Ilmu pengetahuan terus berkembang, manusia terus melakukan inovasi untuk mendapatkan produk yang lebih baik dari waktu ke waktu. Salah satu produk penemuan yang terus berkembang adalah jam.

Manusia mengembangkan jam supaya mendapatkan petunjuk waktu yang lebih tepat dan akurat. Sebenarnya mengapa penemuan jam terus mengalami perkembangan?

Alasan Penemuan Jam Berkembang dari Waktu ke Waktu

1. Mendapatkan waktu yang semakin akurat

Jam merupakan alat yang dipakai sebagai patokan waktu, sehingga harus terus mengalami perkembangan supaya mampu menunjukkan waktu yang lebih pasti dan lebih akurat. Manfaatnya tidak adanya selisih waktu antara jam satu dan yang lain. Kegiatan perkembangan jam ini berlangsung dalam waktu yang lama dan terus berlangsung sampai sekarang.

2. Berbagai jenis jam

Penemuan jam dari waktu ke waktu terus mengalami perkembangan. Dari segi teknologi yang dipakai pun mengalami perkembangan cukup pesat. Sekarang teknologi jam bukan hanya mekanik tetapi sudah ada jam elektronik yang serba digital. Manusia pun semakin dimudahkan dengan berbagai pilihan teknologi jam yang ada.

3. Jam sebagai fashion

Fungsi jam bukan hanya sebagai alat penunjuk waktu tetapi fungsinya terus mengalami perkembangan. Sekarang jam dipakai sebagai item fashion yang berfungsi untuk menunjang penampilan. Ada banyak model jam yang kita kenal sekarang mulai dari jam tangan yang terbuat dari kulit sintetis sampai jam tangan yang berlapis berlian dengan harga fantastis. Berbagai bahan yang dipakai dalam pembuatan jam itu bentuk dari perkembangan jam.

4. Semakin bernilai ekonomis

Jam terus mengalami perkembangan dari waktu ke waktu supaya nilai seni dan ekonomisnya semakin meningkat. Jam tangan misalnya, sekarang sudah banyak diproduksi dengan kualitas terbaik dan nilainya terus mengalami peningkatan. Bahkan jam sudah dipakai sebagai alat investasi untuk menyimpan kekayaan seseorang. Nilai investasi jam tangan pun setara dengan investasi kekayaan lainnya seperti emas.

5. Pertumbuhan ekonomi

Perkembangan jam dari waktu ke waktu membawa dampak yang besar bagi industri jam. Contohnya dalam perkembangan jam tangan. Tercatat setiap tahun penjualan jam tangan mengalami peningkatan. Berbagai model jam tangan mengalami peningkatan penjualan baik itu jam mekanik maupun digital. Pertumbuhannya sekitar 10-12% setiap tahun.

6. Jam sebagai penanda status sosial

Jam juga bisa dijadikan sebagai penanda status sosial. Kalangan eksekutif, pengusaha, pebisnis, sampai kaum terpelajar memiliki koleksi jam tangan merek sendiri. Brand-brand besar setiap tahunnya terus berinovasi untuk menghasilkan jam berkualitas yang diminati masyarakat. Supaya seseorang bisa dikatakan masuk dalam kelas sosial tertentu jam menjadi penandanya.

7. Melancarkan kegiatan harian

Fungsi jam yang utama bagi manusia adalah sebagai penanda waktu supaya aktivitas bisa berjalan dengan baik. Perkembangan jam dari waktu ke waktu sebagai wujud mengoptimalkan peranan jam dalam mendukung kelancaran kegiatan harian manusia. Perkembangan ini dari aspek teknologi yang dipakai, jenis jam, model jam, bahan pembuatnya dan masih banyak lagi aspeknya.

facebook
Twitter
Follow

Tinggalkan komentar