Mengapa Pembuatan Kerajinan Tangan dari Limbah Sebaiknya Berbentuk Unik

Kerajinan tangan dari limbah erat kaitannya dengan buah tangan yang berasal dari keterampilan tangan dari bahan limbah atau barang yang sudah tidak terpakai menjadi barang baru yang bernilai ekonomis.

Kerajinan dari limbah ini dibuat dengan tangan dan bukannya mesin sehingga bentuknya tidak sama atau disebut dengan handmade. Mengapa pembuatan kerajinan tangan dari bahan limbah ini sebaiknya dibuat dalam bentuk unik?

Alasan kerajinan tangan bahan limbah perlu dibuat seunik mungkin

1. Meningkatkan nilai jual

Barang unik atau tidak ada duanya bernilai seni lebih tinggi dibandingkan barang yang terbuat dari mesin. Barang kerajinan tangan terbuat dari bahan limbah yang unik nilai jual atau ekonomisnya juga akan lebih tinggi dibandingkan barang pasaran. Pembeli akan merasa lebih senang membeli produk yang handmade.

2. Terkesan eksklusif

Barang dari limbah perlu dibuat seterampil mungkin untuk mendapatkan barang baru yang bernilai ekonomis dan memiliki kesan eksklusif. Kesan eksklusif di dapat karena barang dari limbah ini tidak ada duanya sehingga harus dibuat unik dan menarik.

3. Butuh keahlian dalam membuatnya

Pembuatan kerajinan tangan dari bahan limbah dibuat dengan tangan yang membutuhkan keterampilan, keahlian atau kemahiran dan penyusunan teknik yang tepat. Contohnya adalah pembuatan tas dari bahan limbah kemasan produk, pembuatan figura foto, karya ukur dan lainnya.

4. Memiliki dua fungsi

Kerajinan dari limbah perlu dibuat seunik mungkin supaya memiliki nilai fungsi. Fungsi dari benda kerajinan dibedakan menjadi dua yaitu fungsi benda bernilai guna dan fungsi sebagai benda hias. Supaya kerajinan tangan dari bahan limbah memiliki fungsi perlu dibuat seunik mungkin. Nilai guna sebagai benda pakai dan benda hias untuk kepuasan estetik.

5. Tujuan bahan kerajinan dari limbah

Kerajinan tangan memiliki tujuan dalam pembuatannya yaitu sebagai penghias, benda pakai, kebutuhan simbolik, kebutuhan ritual, dan kebutuhan konstruktif. Benda limbah yang dibuat kerajinan tangan perlu dibuat unik sesuai dengan tujuan dari benda itu sendiri.

6. Jenis bahan limbah

Apa itu bahan limbah? Bahan yang sudah tidak terpakai. Jenis bahan limbah ada dua yaitu bahan lunak dan keras. Bahan limbah lunak ini paling banyak dipakai karena sifatnya yang mudah dibentuk, empuk dan lembut. Contoh bahan dari jenis limbah lunak adalah kulit tumbuhan. Benda kerajinan dari bahan limbah seperti pigura foto.

7. Produk kerajinan yang berciri khas

Membuat produk kerajinan yang unik dan bernilai seni tinggi memiliki alasan supaya produk mudah dikenal oleh calon pembeli. Produk yang unik mudah dikenali konsumen karena mempunyai ciri khas tersendiri. Dari segi harga produk yang unik minim saingan sehingga bisa bernilai ekonomis tinggi. Salah satu produk ekspor Indonesia di bidang seni kerajinan adalah pigura foto.

facebook
Twitter
Follow

Tinggalkan komentar