Mengapa Para Ahli Banyak Melakukan Penelitian Manusia Purba di Bantaran Sungai

Manusia Purba adalah sebutan bagi nenek moyang kita yang hidupnya jauh di masa lalu dan masih sangat primitif. Manusia Purba dikenal sebagai ras manusia pertama dengan struktur badan dan cara hidup yang jauh berbeda dengan manusia modern.

Banyak ahli yang melakukan penelitian untuk mencari tahu tentang Manusia Purba dimana kebanyakan penelitian tersebut dilakukan sekitar sungai. Kali ini kita akan melihat alasan kenapa penelitian Manusia Purba dilakukan sekitar sungai.

Alasan Para Ahli Kebanyakan Melakukan Penelitian Tentang Manusia Purba di Sekitaran Sungai

1. Kebanyakan Manusia Purba Memilih Daerah Sekitar Sungai Sebagai Tempat Tinggal

Alasan paling pertama kenapa para ahli banyak melakukan penelitian tentang Manusia Purba di sekitaran sungai karena daerah tersebut merupakan salah satu tempat tinggal favorit Manusia Purba. Penelitian sengaja dilakukan di tempat tersebut agar mereka bisa membayangkan bagaimana kondisi tempat tinggal dan peradaban saat Manusia Purba hidup dahulu.

2. Memiliki Asupan Air yang Cukup

Alasan selanjutnya karena di daerah tersebut pasti sering dikunjungi oleh Manusia Purba karena memiliki asupan air yang cukup. Mau manusia di jaman manapun pasti membutuhkan air oleh karena itu penelitian sengaja dilakukan di daerah sekitaran sungai terlebih sungai tua untuk mencari peradaban Manusia Purba.

3. Tempat yang Cocok untuk Berburu

Dikarenakan sungai merupakan daerah yang memiliki asupan air yang cukup sehingga membuat banyak hewan yang mendatanginya untuk mendapatkan minum. Hal tersebut membuat Manusia Purba dapat berburu untuk mencari makan, para ahli tidak menyia-nyiakan hal tersebut sehingga mereka melakukan penelitian di sekitar sungai untuk mencari bukti-bukti keberadaan Manusia Purba.

4. Memiliki Banyak Tumbuhan yang Dapat Dimakan Buahnya

Selain merupakan daerah yang cocok untuk berburu daerah sekitar sungai juga pasti akan kaya dengan buah yang bisa dimakan. Maka dari itu Manusia Purba akan suka hidup di sekitar sungai karena makanan mereka terpenuhi.

5. Mencari Bukti dan Peninggalan Manusia Purba

Alasan berikutnya masih dikarenakan air yang membuat Manusia Purba sering mengunjungi sungai. Semakin sering dikunjungi pasti akan menimbulkan jejak, nah hal tersebutlah yang membuat para ahli sering melakukan penelitian di sekitaran sungai untuk mencari jejak peninggalan atau bukti dari Manusia Purba.

6. Membuktikan Teori yang Dimiliki

Setiap orang pasti memiliki teori mereka masing-masing, namun untuk para ahli teori merupakan sesuatu yang harus dipecahkan. Apalagi jika teori yang dipercayai oleh para ahli memiliki bukti yang akurat maka mereka tidak segan-segan untuk melakukan penelitian untuk membuktikan bahwa teori yang mereka percayai tersebut benar adanya.

7. Banyak Kejadian yang Bisa Terjadi di Sekitaran Sungai

Sungai bukan hanya penting bagi Manusia Purba saja namun juga penting bagi hewan lain. Hal tersebut membuat banyak kejadian yang bisa terjadi antara Manusia Purba dan hewan liar, para ahli kemudian sengaja melakukan penelitian di daerah tersebut untuk mencari bukti terjadinya kejadian bersejarah tersebut.

facebook
Twitter
Follow

Tinggalkan komentar

Close