Mengapa Pantai Barat Inggris Lebih Besar Curah Hujannya Dibandingkan Dengan Bagian Lainnya

Inggris punya garis pantai sepanjang 4.422 kilometer. Garis pantai ini terbagi di bagian utara, selatan, timur dan barat. Garis Pantai Barat Inggris mirip dengan garis pantai laut utara yang berkarakter berpasir dan datar.

Pantai bagian ini memiliki keistimewaan dibandingkan dengan yang lain karena memiliki curah hujan yang cukup tinggi daripada daerah lainnya.

Alasan Pantai Barat Inggris Lebih Besar Curah Hujannya Dibandingkan Bagian Lain

1. Berbatasan dengan Samudra Atlantik

Pantai barat di Inggris berbatasan langsung dengan Samudera Atlantik. Angin yang berhembus dari Samudra Atlantik ini sangat dominan karena kiriman uap air sepanjang tahun, setelah melalui arus Samudra Atlantik Utara atau disebut Arus Gulf. Arus ini yang membuat bagian utara tetap hangat. Arus ini berasal dari Teluk Meksiko lewat Selat Florida yang berada di bawah Garis Khatulistiwa.

2. Faktor angin

Alasan mengapa curah hujan di pantai bagian ini lebih besar karena faktor angin yang membawanya. Hembusan Angin yang paling  dominan di Inggris berasal dari barat daya. Angin dari Samudra Atlantik membawa curah hujan ringan dan juga basah. Angin yang berhembus kering di bagian timur dengan terpanas di bagian selatan, sedangkan yang paling basah ada di bagian barat.

3. Garis lintang dan bujur

Garis lintang Inggris terletak antara 50º LU – 60º LU dan garis bujur 8 BBº – 2º BT. Jarak Inggris dari barat ke timur sejauh 515 kilometer. Garis lintang yaitu garis imajiner melingkar dari barat ke timur. Sedangkan garis bujur adalah garis imajiner yang ditarik lurus penghubung antara kutub selatan dan utara.

4. Luas wilayah bagian barat sempit

Luas daerah di bagian Barat Inggris relatif sempit dibandingkan dengan daerah lain hal ini yang membuat perhitungan curah hujan di bagian barat Inggris menjadi lebih besar. Kondisi wilayahnya terdiri dari pantai dan area pertengahan yang punya dataran tinggi.

5. Peningkatan suhu permukaan laut

Curah hujan tinggi dikarenakan proses pertemuan antara dua arus laut panas membuat peningkatan suhu permukaan air laut. Adanya peningkatan suhu ini mengakibatkan penguapan dan menghasilkan curah hujan. Pantai Barat Inggris curah hujannya tinggi karena adanya Arus Gulf yang cenderung hangat karena berasal dari bawah garis khatulistiwa.

6. Musim hujan

Inggris adalah negara dengan empat musim, salah satu musim yaitu musim hujan, hari hujan biasanya terjadi di bulan November setiap tahunnya sebelum masuk musim salju di bulan Desember. Curah hujan rata-rata di Inggris Barat lebih besar dibandingkan dengan yang lain.

7. WLokasinya berada di ketinggian

Inggris Barat lokasinya berada di dataran tinggi, bagian barat punya suhu yang jauh lebih rendah namun punya curah hujan yang lebih banyak. Curah hujan di bagian barat ini bisa dua kali lipat lebih banyak dibandingkan dataran rendah.

facebook
Twitter
Follow

Tinggalkan komentar

Close