Mengapa Pancasila Dikatakan Sebagai Sumber dari Segala Sumber Hukum

Lahirnya pancasila tentu saja tidak bisa terlepaskan dari sejarah perjuangan yang dilakukan oleh bangsa Indonesia. Keberadaan dari pancasila itu sendiri merupakan tuntutan hidup seluruh masyarakat Indonesia.

Selain itu, pancasila juga dikatakan sebagai sumber dari segala sumber hukum yang ada di Indonesia. Berikut ini beberapa alasan yang dapat menjelaskan hal tersebut.

Alasan Pancasila Dikatakan Sebagai Sumber dari Segala Sumber Hukum

1. Pancasila Menjadi Dasar Negara

Pancasila menjadi dasar negara yang mengandung makna bahwa nilai yang terkandung di dalamnya merupakan pedoman atau dasar untuk penyelenggaraan negara. Kedudukan pancasila yang menjadi dasar negara ini juga telah tertulis secara yuridis konstitusional di dalam pembukaan Undang-Undang Dasar 1945.

2. Pancasila Menjadi Ideologi Negara

Paancasila menjadi ideology negara dan sebagai tujuan bersama dari bangsa Indonesia serta diimplementasikan di dalam pembangunan nasional. Hal ini demi mewujudkan masyarakat yang makmur dan adil. Nilai yang ada di setiap butir Pancasila dijadikan pedoman dasar untuk melangsungkan kehidupan. Sebagai ideology negara, tentunya Pancasila mempunyai fungsi pokok di dalam kehidupan bernegara ini.

3. Pancasila Menjadi Falsafah Bangsa

Pancasila yang menjadi falsafah bangsa ini disebut-sebut sebagai harga mati yang tidak bisa diganggu gugat. Di dalam peranan itu, Pancasila harus dipahami dan didalami secara terus-menerus supaya dapat membentuk sistem ide yang mampu dipertanggungjawabkan dengan ilmiah. Sehingga, tidak rentan dengan berbagai kemungkinan yang dapat menumbangkannya.

4. Pancasila Sudah Disahkan

Pancasila merupakan sumber dari semua dasar hukum yang ada di negara Indonesia. Pancasila sudah disahkan oleh badan yang memang memiliki wewenang untuk hal itu. Bahkan, dasar negara Pancasila juga sudah dinyatakan dengan tegas di dalam pokok pikiran pembukaan Undang-Undang Dasar 1945.

5. Pancasila Menjadi Sumber Norma

Norma adalah aturan tak tertulis yang tentunya mengatur kehidupan bermasyarakat. Walaupun aturan norma ini tidak dalam bentuk tertulis, tetapi masyarakat secara sadar mematuhinya. Setiap masyarakat wajib menaati berbagai norma yang berlaku di dalam lingkungan masyarakat. Sehingga, keselarasan dengan Pancasila akan menjadi kelebihan norma yang ada di Indonesia.

6. Pancasila Menjadi Pandangan Luhur Bangsa

Pancasila menjadi pandangan leluhur bangsa adalah suatu kesepakatan dari hasil rumusan semua pendiri bangsa. Di dalam proses perumusannya, dilakukan melalui musyawarah mufakat serta salah menghargai usulan-usulan walaupun berbeda.

7. Pancasila Menjadi Cita-cita Bangsa

Alasan yang terakhir yaitu pancasila menjadi cita-cita bangsa. Apabila dilihat dari kedudukan Pancasila, maka akan memiliki kedudukan yang tinggi yaitu menjadi cita-cita bangsa Indonesia.

Berbagai nilai Pancasila juga merupakan konsep abstrak yang dilihat sebagai suatu tipe ideal dan cita-cita dari masyarakat Indonesia. Sebagai pandangan hidup, maka Pancasila memegang peran yang menjadikan bangsa Indonesia dapat berdiri dengan kokoh serta tahan dengan segala gangguan atau ancaman.

facebook
Twitter
Follow

Tinggalkan komentar